Agustus, Proyek Pabrik INKA Dimulai

KA melintas di jalur Banyuwangi-Jember.(foto/bb)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.com) – Kepastian berdirinya pabrik industri kereta api milik PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA) di Banyuwangi, semakin dekat. Rencananya, pembangunan pabrik kereta kedua milik BUMN ini akan dimulai Agustus mendatang. 

“Saat ini kita proses beberapa hal teknis sebelum groundbreaking. Ada persiapan lahan yang sedang dituntaskan di Kementerian BUMN karena melibatkan kawasan milik BUMN lain, yaitu PT Perkebunan Nusantara,” ujar Direktur Keuangan dan SDM PT INKA, Mohamad Nur Sodiq saat bertemu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Senin (7/5). 
Pabrik ini berdiri di atas lahan lahan seluas 72 hektar, sebagai pabrik kedua yang terintegrasi dengan pabrik INKA di Madiun. 

Sodiq menjelaskan, pembangunan pabrik membutuhkan waktu sekitar setahun. Targetnya, pabrik bisa beroperasi pada Agustus 2019. Pabrik Banyuwangi ini akan difokuskan untuk pembuatan kereta pesanan ekspor, seiring besarnya pesanan dari sejumlah negara di Asia. “Kami memilih Banyuwangi karena akan sangat efisen. Aksesibilitasnya bagus, jaringan laut ada,” ujarnya.

Dijelaskan, tahun ini  PT.INKA sedang  memproses pesanan dari beberapa negara di Asia. Salah satunya, Bangladesh, memesan 250 gerbong kereta dan Filipina yang memesan Kereta Rel Diesel (KRD) senilai Rp 127,3 miliar. Selain itu, pesanan dari Srilanka senilai Rp 400 miliar.  “Yang sedang proses negosiasi dengan Thailand. Dengan banyaknya pesanan luar negeri dan pemenuhan kebutuhan kereta di dalam negeri, kami memang harus segera bikin pabrik baru di Banyuwangi ini,” ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, pabrik di Madiun berkapasitas produksi 2 gerbong kereta per hari. Jika ditambah pabrik Banyuwangi,  ditargetkan bisa 4 kereta per hari untuk memenuhi pesanan ekspor. 

Sodiq memproyeksikan industri INKA di Banyuwangi bisa menyerap hingga 1.000 tenaga kerja. Dia berharap kebutuhan tenaga kerja tersebut bisa dipenuhi dari sekolah vokasi yang ada di Banyuwangi. (udi) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here