Banyak Hilang, Timses Khofifah Tolak Penyerahan Alat Peraga Kampanye

Pengendara melintas di dekat spanduk cagub Jatim di Banyuwangi, Selasa (15/5). (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.com) – Suhu politik di Banyuwangi mulai memanas mendekati masa pencoblosan pilgub Jatim. Terbaru, tim sukses (timses) cagub nomor satu, Khofifah Indar Parawansa – Emil Dardak menolak menandatangani penyerahan alat peraga kampanye (APK) di kantor KPUD Banyuwangi, Selasa (15/5).

Timses Khofifah di Banyuwangi, Andah Wibisono mengatakan pihaknya menolak penyerahan APK pilgub lantaran banyak APK miliknya yang hilang. Parahnya, hilangnya APK itu tak jelas jluntrungnya. ” Hanya beberapa hari terpasang, APK kami banyak hilang. Total sekitar 15 APK yang hilang,” kata Andah Wibisono.

Pria ini mengaku APK yang hilang jenisnya beragam. Mulai baliho, spanduk dan umbul-umbul. Pihaknya tak mengetahui apa motivasi pelaku mengambil APK tersebut. APK itu lanjut dia masih menjadi wewenang KPUD. Karena itu, pihaknya meminta KPUD Banyuwangi mengganti APK yang hilang tersebut. ” Kalau APK tak diganti, kami tak akan tanda tangan penyerahan,” tegasnya.

Berbeda dengan timses cagub nomor dua Saifullah Yusuf-Puti Guruh Soekarnoputra, mereka memilih menandatangani penyerahan APK. Meski, juga mengakui ada beberapa APK yang hilang. ” Kalau APK hilang, kami juga ada. Tapi, kami berharap tahapan pilgub berjalan lancar. Jadi, kami tanda tangan,” ujar Hermanto , timses cagub nomor satu di Banyuwangi.

Menurutnya, saat pemasangan APK masing-masing timses sudah diajak. Sementara itu, Komisioner KPUD Banyuwangi Jamaludin menegaskan pihaknya  tak mungkin mengganti APK yang hilang. Namun, pihaknya meminta timses menggunakan APK tambahan. ” Sesuai regulasi, KPUD tak bisa memenuhi pengganti APK. Solusinya, memakai APK pengganti,” ujarnya.

Selama ini, pihaknya melibatkan timses ketika pemasangan APK. Selama ini pihaknya memberikan baliho ke masing-masing timses sebanhak 10 lembar, umbul-umbul 20 lembar dan spanduk masing-masing desa 2 lembar di 272 desa. Dari jumlah ini, masih ada tambahan APK hingga 150 persen. (udi)

 

direktory

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here