Dongkrak Pengrajin, Pegawai Pemkab Wajib Berbatik Using

4
Pengrajin batik di Banyuwangi sedang mengerjakan batik, Senin (17/12). (foto/bb/udi).

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Pengrajin batik di Kabupaten Banyuwangi terus dimanjakan. Terbaru, Pemkab setempat mewajibkan setiap pegawainya menggunakan seragam batik sebulan penuh. Inovasi tersebut dimulai Desember ini. Selain mendongkrak kerajinan batik, penggunaan seragam batik ini memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Banyuwangi yang jatuh setiap 18 Desember.

“Khusus di bulan Desember ini, para pegawai Pemkab memakai baju batik,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Senin (17/12). Menurutnya, perubahan seragam kerja tersebut diatur dari Senin hingga Jumat. Sedangkan, Selasa tetap mengenakan baju adat khas masyarakat Suku Using yang serba hitam.

Anas menambahkan, perubahan seragam selama Desember ini, tak sekadar memperingati ulang tahun Banyuwangi. Tapi, ikut menggeliatkan bisnis pengrajin batik di Bumi Blambangan.

“Jika para pegawai membuat baju batik baru, maka akan semakin menggeliatkan UMKM batik di Banyuwangi. Kita juga menganjurkan agar mereka lebih banyak mengenakan motif batik Banyuwangi yang kini sangat beragam,” kata Anas.

Di Banyuwangi,lanjut Anas,  kini ada 42 motif batik, 24 di antaranya merupakan tema klasik Banyuwangi. Kebijakan ini, kata dia, sebagai salah satu cara mengenalkan lebih luas beragamnya motif batik khas Using. “ Silahkan, para pegawai di sela-sela istirahat bekerja bisa selfie dulu dengan batik khas Banyuwangi, lalu up load di media sosial. Sebutkan beli di pengrajin batik mana, sekaligus mempromosikan UMKM batik Banyuwangi,” imbuhnya.

Selain menggalakkan sebagai seragam kerja, pembelaan kepada pengrajin batik diwujudkan dengan beragam kegiatan bergengsi. Seperti, festival batik dan ajang pelatihan pembuatan batik. Menurut Anas, kualitas batik Banyuwangi bisa disandingkan dengan batik dari daerah lain yang lebih dulu terkenal. Motif batik Banyuwangi kebanyakan mengadopsi tumbuhan. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan

HUB. : 085236362484