Amankan Nataru, Polres Terjunkan 781 Personel

7
Jajaran personel Polres Banyuwangi bersiaga. (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019, pengamanan obyek vital di Kabupaten Banyuwangi makin diperketat. Salah satunya, bandara dan Pelabuhan Ketapang. Sebanyak 781 personel polres diterjunkan. Jumlah ini masih ditambah jajaran TNI dan instansi lain.

Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansah Zeinardi mengatakan Operasi Lilin Semeru 2018 akan digelar mulai 21 Desember. Targetnya, seluruh obyek vital dan tempat ibadah. “ Kita dirikan pos PAM terpadu di Ketapang dan beberapa titik. Termasuk, di Bandara Banyuwangi,” kata Kapolres, Kamis (20/12).

Selain bandara dan pelabuhan, pengamanan dipusatkan di tempat ibadah, obyek wisata dan pusat perbelanjaan. Khusus di bandara, dibuat pos khusus. Sebab, jumlah penumpang cenderung naik memasuki Natal dan tahun baru. “Kita sudah ajukan pembuatan pos sub sektor di bandara,” jelas Kapolres.

Menurutnya, pengamanan Banyuwangi wajib ditambah kekuatannya. Sebab, sudah menjadi bandara internasional. Sehingga, ancaman keamananya cukup tinggi. “Kita tahu, kasus kriminal di bandara yang membuka rute luar negeri cukup rawan,” jelasnya.

Khusus perayaan tahun baru, Polres melarang ajang pesta kembang api secara liar. Namun, jika ada pihak yang mengajukan izin akan dikaji. “Kalau pesta kembang api liar, kita tak perbolehkan. Khawatirnya menganggu, seperti dekat SPBU atau di kapal,” ujarnya. Izin pesta kembang api bisa dikeluarkan jika kondisinya tak membahayakan.

Seluruh pengamanan Natal dan tahun baru, lanjut Kapolres, sudah dilakukan rakor bersama Pemkab dan jajaran terkait. Pihaknya sudah memetakan jumlah personel yang diterjunkan hingga titik rawan yang wajib diwaspadai. “Pelabuhan Ketapang tetap menjadi atensi. Ini jalur terpadat saat liburan Natal dan tahun baru,” tegasnya. Karena itu, dibuat pos pelayanan terpadu di pelabuhan tetangga Bali ini. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan

HUB. : 085236362484