Dipasok dari Bali, 4,93 Ton Miras Dimusnahkan

6
Ribuan liter miras dimusnahkan di halaman parkir Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jumat (21/12). (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Pengiriman arak Bali ke Banyuwangi benar-benar masif. Razia yang digelar Polres Banyuwangi menjelang akhir tahun berhasil mengamankan 4,93 ton miras. Dari jumlah ini, lebih dari separuhnya adalah arak Bali. Minuman berbahaya itu dimusnahkan massal di areal Pelabuhan Ketapang, Jumat (21/12).

Selain arak Bali, ribuan miras itu terdiri dari beragam minuman beralkohol buatan pabrik. Seluruhnya berkadar alkohol tinggi. Bahkan, tanpa dilengkapi izin edar. “ Total ada 4.930 liter atau 4,93 ton. Paling banyak arak Bali,” kata Kasat Sabhara Polres Banyuwangi AKP Basori Alwi.

Dari sekian miras yang diamankan, polisi menjerat 263 tersangka dari 201 kasus. Ditangani Polres dan Polsek.  Menurut Basori, razia miras ini digelar dalam rangka Operasi Cipta Kondisi menjelang Natal dan Tahun Baru. Harapannya, perayaan akhir tahun tidak terganggu oleh beredarnya pesta miras. Sebab, berpotensi memicu aksi kejahatan lainnya.

Sementara itu, Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansah Zeinardi menambahkan selain razia miras, pengamanan tempat ibadah dan obyek vital menjadi target pengamanan. Razia miras ini juga akan terus digelar agar taka da penyalahgunaan miras. “ Banyuwangi memiliki sejumlah tempat ibadah dan obyek vital. Ini yang menjadi fokus pengamanan,” jelasnya.

Apalagi, pihaknya mendapatkan bantuan personel penjinak bahan peledak (jihandak) dari Brimob Polda Jatim. Personel ini akan ikut disiagakan di sejumlah tempat ibadah selama perayaan Natal. “ Nanti, akan ada penyisiran di setiap rumah ibadah sebelum Natal. Jadi, perayaan Natal bisa steril dari kemungkinan gangguan keamanan,” tegasnya.

Sedangkan malam tahun baru, pihaknya melarang pesta kembang api secara liar. Hal ini mengantisipasi keamanan selama malam tahun baru. “ Pesta kembang api harus ada izin, nanti kita kaji keamanannya,” jelasnya. Aksi konvoi malam tahun baru juga dilarang. Alasannya, keamanan. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan

HUB. : 085236362484