Pengunjung Pasar Disasar Imunisasi Difteri

3
Imunisasi difteri menyasar anak-anak di pasat tradisional Banyuwangi. (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Gerakan imunisasi difteri masih terus berlanjut di Banyuwangi. Menjelang tutup tahun, sasaran imunisasi makin diperluas. Salah satunya, menyasar pasar tradisional dan pusat perbelanjaan. Anak-anak yang ikut orang tuanya berbelanja diwajibkan mendapatkan suntikan imunisasi. Gebrakan ini untuk memastikan target sasaran imunisasi difteri bisa terlampaui.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyuwangi, dr. Widji Lestariono mengatakan imunisasi difteri tak hanya dilakukan petugas dari Dinkes. Namun, melibatkan Unicef dan para mahasiswa kedokteran. “ Sasaran imunisasi kita perluas. Jika sebelumnya menyasar sekolah dan kampus, kini kita sasar pusat perbelanjaan dan pasar tradisional,” kata pria yang akrab dipanggil Rio ini, Minggu (23/12).

Menurutnya, imunisasi difteri bisa dilakukan oleh semua pihak yang mau bergotong royong untuk menjaga kesehatan anak. “Kolaborasi ini dibangun bersama untuk menjaga kesehatan. Tentu, semua ini tak bisa dikerjakan sendiri. Butuh banyak dukungan untuk bisa berkolaborasi bersama,” ujarnya.

Ditambahkan, aksi jemput bola imunisasi difteri dinilai cukup jitu. Sebab, masyarakat tak perlu direpotkan untuk mendapatkan imunisasi tersebut. Jemput bola ke area pelayanan publik, kata dia, akan mendapatkan capaian sasaran sesuai target. “Para relawan membantu kami ketika terjun di masyarakat. Mereka bisa mengedukasi masyarakat agar mau terlibat aktif dalam imunisasi,” ungkapnya.

Anak-anak yang belum terdata, lanjut Rio, bisa mendapatkan imunisasi difteri dengan jemput bola. Proses imunisasi juga dilakukan di tempat. Sehingga, cukup mudah, tak merepotkan. Sehingga, anak-anak mendapatkan kesempatan imunisasi. Targetnya, tak ada satupun anak yang lolos dari gerakan imunisasi difteri tersebut.

Dinkes Banyuwangi sudah mencatat sasaran imunisasi difteri sebanyak 425.976 orang anak usia 1-19 tahun. Jumlah ini sudah menembus 95,86 persen dari target awal. Tercapainya target minimal tersebut, Pemkab Banyuwangi memastikan, anak-anak di wilayah ini aman dari ancaman serangan difteri. Sebab,mereka sudah terbentuk kekebalan tubuh secara komunal setelah mendapat imunisasi difteri. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan

HUB. : 085236362484