Bidik Wisatawan Milenial, Banyuwangi Tawarkan 99 Festival

8
Banyuwangi Ethno Carnival (BEC), salah satu festival yang membidik wisatawan milenial di Banyuwangi. (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Pariwisata tetap menjadi andalan Kabupaten Banyuwangi menawarkan potensi daerah. Tahun 2019, sebanyak 99 festival ditawarkan. Dari jumlah ini, 30 persen diantaranya membidik wisatawan milenial. Seperti, kaum milenial penggemar olahraga, music dan seni budaya lokal. Ada juga, wisata khusus kaum perempuan dan wisata religi.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan atraksi-atraksi di Banyuwangi Festival memang didesain sesuai segmentasi pasar. “Ada untuk wisatawan milenial, ya kira-kira 30 persen dari total 99 even untuk segmen milenial. Itu pun dipilah, milenial penggemar sport, musik, seni-budaya lokal. Semuanya ada. Lalu ada untuk wisatawan perempuan, penggemar wisata religi, dan bahkan segmen wisatawan dari kalangan birokrasi kita bikin. Jadi saling mengisi, tapi fokus kita ke milenial sebagai pasar terbesar,” kata Anas, Rabu (30/1).

Dijelaskan, sejumlah atraksi wisata di Banyuwangi Festival 2019, antara lain, Jazz Pantai Banyuwangi, Jazz Gunung Ijen, Festival Gandrung Sewu, Alas Purwo Geopark Run, Banyuwangi Ijen Green Run, Blue Fire Ijen Cycling, Banyuwangi Ethno Carnival, Chocolate Glenmore Run, Festival Arsitektur Nusantara, dan Festival Santripreneur. Gelaran Banyuwangi Festival ini diluncurkan Kementerian Pariwisata di Jakarta, Selasa (29/1) malam.

Menurut Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Banyuwangi terus konsisten mengembangkan atraksi wisata. “ Kunci mau menjadi destinasi unggulan, salah satunya harus punya atraksi unggulan. Dan, Banyuwangi konsisten menghadirkan itu,” ujar pria asli Banyuwangi tersebut.

Bahkan, lanjut Arief, tiga atraksi di Banyuwangi telah masuk jajaran kalender wisata nasional. Masing-masing, Banyuwangi Ethno Carnival (BEC), Festival Gandrung Sewu, dan International Banyuwangi Tour de Ijen. “Banyuwangi terbaik. Untuk ukuran daerah kecil, ada tiga atraksi masuk kalender wisata nasional, itu capaian luar biasa,” ujar Arief. Terkait membidik wisatawan milenial, lanjut Arief, 50 persen lebih wisatawan itu datang dari kelompok milenial. Menurutnya, kaum milenial menjadi potensi dalam menggarap konsumen pasar pariwisata. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan

HUB. : 085236362484