Rawan Longsor, Polres Siapkan Kendaraan Khusus di TPS

4
Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik HZ memeriksa kondisi kendaraan operasional pengamanan pemilu, Selasa (12/1). (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Menjelang pemilu legeslatif (pileg) dan pemilu presiden (pileg), Polres Banyuwangi mulai menyiapkan strategi pengamanan. Salah satunya, mengawal logistik pemilu. Mengantisipasi TPS rawan, Polres menyiapkan kendaraan khusus pengangkut logistik. Pengamanan gudang penyimpanan kartu suara pemilu juga diperketat.

Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansah Zeinardi mengatakan pengamanan logistik pemilu menjadi prioritas. Setelah itu, pengawalan pengiriman logistik ke setiap TPS. “ Kita sudah petakan dimana lokasi TPS rawan. Nantinya, kita siapkan kendaraan khusus mengangkut dan mengawal logistik pemilu,” kata Kapolres usai apel kesiapan kendaraan dinas di jajaran Polres Banyuwangi, Selasa (12/2).

Dijelaskan, pihaknya menyiapkan 86 kendaraan roda empat dan enam untuk mengangkut logistik pemilu ke setiap TPS. Pihaknya melihat sejumlah TPS masuk kategori rawan lantaran lokasinya jauh dari permukiman. Bahkan, ada yang menyeberangi sungai dan melewati tebing. “ Yang dimaksud rawan, adalah rawan longsor dan bencana. Jadi, harus disiapkan kendaraan khusus,” jelasnya.

Karena itu, pihaknya menyiagakan seluruh kendaraan dinas di jajaran polres hingga polsek. “Kita lihat kondisi kendaraan operasional yang ada. Jika memerlukan perbaikan, kita masih ada waktu,” imbuh mantan penyidik KPK ini.

Kapolres mencontohkan, TPS di wilayah selatan Banyuwangi. Berdekatan dengan kawasan hutan dan pesisir. Sehingga, rawan banjir dan longsor. Dibutuhkan kendaraan operasional khusus untuk menjangkaunya. “ Jika kita temukan TPS yang memang sangat rawan, kita sarankan digeser. Misalnya, medannya sangat sulit,” jelasnya. Apalagi, lanjut Kapolres, saat ini sedang musim hujan. Pihaknya berharap, pengiriman logistik dan masa pemungutan suara tak terganggu cuaca.

Ditambahkan, kendaaraan operasional Polres yang dikerahkan fungsinya beragam. Kebanyakan, operasional polsek untuk kegiatan patroli. “ Kita temukan beberapa kendaraan polsek yang membutuhkan perbaikan ringan. Seperti, ganti ban dan lainnya. Kita segera benahi,” tegasnya.

Selain menyiapkan kendaraan operasional, pihaknya mulai menyiapkan personel khusus mengamankan kartu suara pemilu. Saat ini, kata Kapolres, kartu suara pemilu sudah mulai berdatangan ke Banyuwangi. “ Di gudang milik KPU, kita siapkan personel pengamanan selama 24 jam,” pungkasnya. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan

HUB. : 085236362484