Bidik Pemilih Milenial, Banyubiru Buat Film Pendek Pencoblosan

8
Caleg DPR RI dari PDIP Banyubiru Djarot mengikuti pembuatan film pendek edukasi pencoblosan, Senin (4/3) sore. (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Beragam cara dilakukan caleg untuk membidik suara pemula alias kaum milenial dalam pemilu 17 April mendatang. Salah satunya, membuat film pendek. Seperti dilakukan caleg DPR RI dari PDIP, Banyubiru Djarot. Berangkat dari keprihatinannya dengan banyaknya pemilih pemula yang belum mengerti pencoblosan, politisi muda ini membuat film seputar pemungutan suara di TPS.

Yang menarik, seluruh pemerannya kaum milenial. Mereka mengisahkan cara mencoblos yang benar ketika masuk TPS. Termasuk, mengenali jenis kartu suara saat akan mencoblos. “ Ini bagian upaya kami menarik kepedulian kaum milenial untuk mau memilih, tak golput. Kita buat film pendek agar kaum milenial mengenali calon pilihannya. Kita pakai metode edutainment,” kata Banyubiru, Senin (4/3) sore.

Hasil pemantauan di lapangan, kata dia, banyak kalangan muda yang belum hafal betul terkait jenis kertas suara pemilu. Apalagi, ada lima warna berbeda. Pihaknya berharap, dengan film pendek berdurasi 1 menit ini, kaum milenial mau menyalurkan hak pilih. Dan, memilih caleg sesuai idamannya.

Banyu menambahkan, kaum milenial harus diberikan pendidikan politik yang baik. Sehingga, mereka mau peduli menyalurkan hak pilih dalam pemilu. “ Dengan film ini, nanti akan disebarkan ke teman-teman milenial. Tentunya, akan menjadi pembelajaran yang baik bagi pemilih pemula,” tegasnya.

Membuat film pendek bukan tanpa alasan lain. Menurut Banyu, meski hasil survei terakhir, memiliki elektabiltas yang baik, pihaknya tak lantas berhenti berjuang. Justru, dengan bekal elektabilitas, pihaknya makin gencar menggaet suara pemilih. “ Kaum milenial ini potensinya cukup bagus. Ini yang harus diberikan pendidikan politik,” pungkasnya. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan

HUB. : 085236362484