Seribu Balita Timbang Massal di Pendopo

8
Kegiatan timbang balita massal dalam Festival Posyandu Kreatif di Pendopo Banyuwangi, Senin (4/3). (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Lebih dari 2.000 kader Posyandu mengikuti Festival Posyandu Kreatif di Banyuwangi, Senin (4/3). Yang unik, kegiatan ini diisi dengan timbang bayi massal. Seribu balita ditimbang bersamaan di depan halaman Pendopo Saba Swagata Blambangan.

”Peran Posyandu sangat besar dalam proses tumbuh kembang anak. Festival ini adalah apresiasi untuk kader Posyandu yang telah mengabdi menjadi pejuang kesehatan keluarga terdepan. Negara ini berutang budi kepada ibu-ibu semua,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di hadapa ribuan kader Posyandu. Festival ini, lanjut Anas, menunjukkan betapa pentingnya Posyandu sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Menurut Anas, masa-masa pertumbuhan 0-5 tahun, golden age, sangat krusial bagi masa depan anak. Karena itu, para kader Posyandu yang memantau perkembangan generasi penerus sejak dini. Salah satunya, memberikan makanan tambahan hingga imunisasi. Anas mengatakan, sesuai arahan Presiden Jokowi, Posyandu harus dijadikan salah satu pilar untuk mewujudkan Generasi Emas 2045.

Ketua Penggerak PKK Banyuwangi, Ipuk Festiandani Azwar Anas menambahkan, Festival Posyandu Kreatif adalah sarana mengajak semua pihak menaruh perhatian pada Posyandu. ”Kami bersyukur, di Banyuwangi, Posyandu mendapatkan perhatian. Ini akan menjadi spirit bagi para kader Posyandu yang mengabdi dengan sepenuh hati untuk terus bergerak,” kata istri bupati Banyuwangi itu.

Jumlah Posyandu di Banyuwangi sebanyak 2.292 buah. Total kader Posyandu mencapai 10.000 orang. Para kader memiliki beragam cara untuk menarik minat masyarakat ber-Posyandu. Termasuk, meningkatkan gizi dan kesehatan ibu dan anak. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan

HUB. : 085236362484