Furnitur Bonggol Kayu, Awetnya Tujuh Turunan

13
Aneka furnitur bonggol kayu yang unik. (foto/bb/tin)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – BONGGOL kayu kerap dianggap limbah. Namun, di tangan Sukri bisa diubah menjadi berkah. Sejak 9 tahun belakangan, pria asli Desa Ringintelu, Bangorejo ini menekuni furnitur berbahan bonggol kayu. Ide memakai bonggol ini saat harga kayu mahal. Dirinya mencoba berkreasi dengan bahan bonggol kayu. Hasilnya tak mengecewakan.

Bahan yang dipakai bonggol kayu jati. Kebanyakan sisa tebangan. Teksturnya yang keras, membuat furnitur bonggol kayu dijamin awet dan tahan lama. “ Ini jaminan awetnya sampai tujuh turunan,” seloroh Sukri saat ditemui Bisnis Banyuwangi, belum lama ini.

Selain awet, daya tarik pemakaian bonggol kayu ini, lebih unik dan alami. Untuk mendapatkan bahan bonggol, Sukri mencari ke berbagai kawasan.

Selain Banyuwangi, juga luar daerah. Harga bonggol mentah tak murah. Dia membeli seharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah per biji. “ Proses mengambilnya juga tidak mudah. Apalagi yang berukuran besar,” ucapnya.

Sukri sudah berkecimpung di usaha mebel sejak tahun 1980. Berbekal puluhan pengalaman di bidang mebel, dirinya tak sulit berkreasi dengan bahan kayu.

Saat ini berbagai model mebel dibuat. Mulai, kursi, almari, pintu, kusen dan lainnya. Namun, furnitur bonggol kayu menjadi ciri khas. Proses mengolah bonggol kayu mentah menjadi furnitur memakan waktu satu sampai dua hari.

Selain dalam bentuk sudah jadi, banyak juga peminat bonggol membeli bonggol mentah. Salah satunya perajin patung. Di galerinya di kawasan Pasar Pedotan, tepatnya jalur Pulau Merah, berbagai model furnitur bonggol kayu dijual. Dibandrol dari harga ratusan ribu sampai jutaan rupiah, tergantung model.

Permintaan furnitur bonggol kayu ini lumayan banyak. Selain kawasan Banyuwangi sendiri, datang dari berbagai kota. Seperti Bali, Surabaya, Jakarta, Sumatera dan Kalimantan. Omzetnya lumayan, puluhan juta per bulan. (tin)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan

HUB. : 085236362484