Pilkades Serentak Dianggarkan Rp 13,3 Miliar

27
Ficky Septalinda. (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – PEMILIHAN kepala desa (Pilkades) serentak tahap kedua di Banyuwangi, rencananya digelar 9 Oktober 2019. Sebanyak 130 desa akan menggelar gawe besar itu. Tak tanggung-tanggung, total anggaran yang disiapkan dari APBD mencapai Rp 13,3 miliar. Jumlah ini masih ditambah anggaran dari masing-masing desa melalui APBDes.

Ketua Komisi I DPRD Banyuwangi, Ficky Septalinda mengatakan hasil rapat kerja bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) dan Bagian Tata Pemerintahan Desa Banyuwangi, jadwal pilkades serentak sudah diputuskan Bupati. Namun, jadwal itu belum final. Sebab, masih akan diajukan ke Pemprov Jatim, dilanjutkan ke Kementerian Dalam Negeri. “ 9 Oktober 2019 itu jadwalnya juga pelantikan Presiden terpilih. Tapi, kami tetap sepakat jika tak ada perubahan,” kata Ficky Septalinda, Kamis (28/2) lalu.

Politisi PDIP ini menjelaskan jadwal pelantikan Presiden digelar di Jakarta. Sehingga, tidak akan menganggu jika digelar pilkades serentak di Banyuwangi. Ficky berharap, pilkades serentak tahun ini tak memicu persoalan. Karena itu, beragam kendala di pilkades serentak tahun 2017 bisa diminimalisir. Salah satunya, persoalan anggaran. “Versi Pemkab, anggaran sudah siap Rp 13,3 miliar. Ini belum termasuk anggaran di tingkat desa,” jelasnya.

Ficky menambahkan, tahapan pilkades harus dimulai Maret 2019. Salah satunya, di masing-masing desa yang menggelar pilkades harus disiapkan pembentukan panitia. Termasuk, anggarannya. “ Kabarnya, juga aka nada revisi Perda terkait pilkades ini. Kita berharap, segera diajukan Pemkab ke DPRD,” pintanya. Sehingga, lanjut Ficky, revisi Perda tak akan menganggu tahapan pilkades serentak.

Terkait pilkades, pihaknya akan terus melakukan pemantauan bersama lembaga terkait. Sehingga, tahapan pilkades bisa menghasilkan kades terpilih yang tak berbenturan dengan aturan. Termasuk, meminimalisir konflik pasca-pilkades serentak. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan

HUB. : 085236362484