Semangati Napi, LP Banyuwangi Datangkan Motivator Nasional

10
Pakar komunikasi Aqua Dwipayana memberikan motivasi di LP Banyuwangi, Jumat (8/3). (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id – Banyaknya warga binaan membuat jajaran Lembaga Pemasyarakatan (LP) Banyuwangi terus memutar otak. Mengantisipasi gesekan antar napi, mereka mendatangkan motivator nasional, Aqua Dwipayana, Jumat (8/3). Para napi diberikan motivasi bisa saling bekerjasama. Lalu, tetap bersemangat menjadi yang terbaik ketika lulus dari LP.

Kedatangan motivator ini terbilang istimewa. Sebab, baru pertama kali. Dalam ceramahnya, pakar komunikasi ini memberikan gambaran tentang kehidupan. Meski hidup di balik jeruji besi, kata Aqua, para napi dan warga binaan tidak boleh patah semangat. Justru, harus menjadi lebih baik. “Hidup harus jalan terus. Ibarat kaca mobil, yang depan lebih besar, sedangkan spion hanya kecil, Artinya, jangan melihat ke belakang, tapi melihat lurus ke depan,” kata Aqua.

Dia berharap, para napi bisa menjadi pemenang, bukan pecundang. “Tidak ada manusia sempurna, tapi jika berani meminta maaf dari hati, itu lebih baik,” jelasnya.

Dijelaskan, semua kesuksesan berawal dari niat. “Kita harus berpikir, semuanya diawali dengan ibadah, saling berbagi. Ini akan membawa kita dalam manfaat,” imbuhnya. Langkah ini, lanjutnya, bisa dimulai ketika bisa saling menghargai. Antar-napi dan masyarakat ketika sudah kembali pulang ke rumah. “ Komunikasi menjadi kunci sukses. Jadilah manusia yang selalu respek, empati, menyesuaikan keadaan, sederhana dan selalu tunduk hati,”pungkasnya.

Pihaknya juga memuji inovasi di LP Banyuwangi untuk mengangkat kreativitas para napi. Mulai, membuat kerajinan, keterampilan dan lainnya. Inovasi ini bisa dijadikan percontohan untuk LP lain di Indonesia.

Kepala LP Kelas II B Banyuwangi, Ketut Akbar Harry Achyar mengatakan pihaknya mendapatkan peluang istimewa bisa berkesempatan mendatangkan pakar komunikasi Aqua Dwipayana. Menurutnya, motivasi ini menjadi penyemangat para napi ketika menjadi warga binaan. “ Harapannya, ketika mereka keluar, bisa lebih berprestasi dan berbaur di masyarakat dengan baik,” jelasnya.

Selain motivasi, pihaknya selalu menjaga komunikasi yang baik dengan warga binaan. Seperti, membuat beragam kerajinan yang tembus ekspor hingga aktualisasi seni. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan

HUB. : 085236362484