Tanyakan Perolehan PAD, Dewan Panggil Bapenda

13
Kusnan Abadi. (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Persoalan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terus menjadi perhatian DPRD Banyuwangi. Tak ingin targetnya gagal, Komisi III DPRD Banyuwangi memanggil Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Senin (11/3). Targetnya, memastikan perolehan PAD bisa maksimal di triwulan pertama tahun 2019.

Ketua Komisi III DPRD Banyuwangi Kusnan Abadi mengatakan target perolehan PAD tetap menjadi prioritas perhatian. Sebab, PAD menjadi salah satu poin keberhasilan eksekutif dalam mengumpulkan anggaran. “ Kita ingin mengawal terus perolehan PAD. Hingga triwulan pertama bulan kedua ini, PAD sudah tembus 11,9 persen, sekitar Rp 67 miliar,” kata politisi PKB ini usai raker bersama Bapenda.

Kusnan menambahkan,  PAD tahun 2019 ditargetkan tembus Rp 571 miliar. Jumlah ini, kata dia, sudah disepakati antara eksekutif dan DPRD. Sehingga, pihaknya terus mengawal perolehan PAD ini.

Menurut Kusnan, dari data Bapenda, ada potensi besar dalam perolehan PAD di sektor rumah makan dan restoran. “ Dari Disparta ada angka 367 restoran dan hotel, tapi dari Bapenda 1.134 rumah makan dan restoran,” jelasnya.

Data ini, lanjutnya, kemungkinan jumlah keseluruhan, tapi belum diketahui setoran pajaknya. Pihaknya meyakini, data potensi pajak yang dikelola Bapenda adalah angka riil. Pihaknya juga menyinggung terkait anggaran Rp 4 miliar untuk pembelian alat monitor pajak dan penambahan tenaga harian lepas (THL) hingga 300 orang.

Dari data ini, imbuh Kusnan, pihaknya sepakat akan terus menggali potensi hotel dan restoran. Terutama, untuk mengetahui potensi pendapatan pajaknya. Hingga bulan ini, kata dia, PAD masih didominasi dari penghasilan hotel dan restoran. “ Ini akan terus menjadi prioritas kami,” tegasnya.

Pihaknya berharap, hingga akhir tahun perolehan PAD akan sesuai target. Menjamurnya pariwisata di Banyuwangi diharapkan bisa menyumbangkan PAD secara siginifikan. “ Tentunya ini harus diawasi terus,” pungkasnya. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan

HUB. : 085236362484