Dua Bendera Parpol Terbakar Misterius

24
Petugas Panwascam Rogojampi, Banyuwangi melakukan cek TKP bendera PKB yang terbakar misterius, Kamis (14/3). (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Tensi politik di Banyuwangi menjelang pemilu mulai memanas. Dua bendara parpol yang terpasang di pinggir jalan Dusun Jajagsurat, Desa Karangbendo, Kecamatan Rogojampi, ditemukan terbakar, Kamis (14/3). Pelakunya masih misterius. Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Rogojampi bersama Polsek setempat masih mengusut insiden ini.

Bendara yang terbakar milik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Kebetulan, di bendera tersebut juga tertera nama caleg, Joni Subagio yang juga Wakil Ketua DPRD Banyuwangi. Kejadian ini baru diketahui, Kamis siang. Lalu, dilaporkan ke Panwascam setempat. “ Bendera yang terbakar dua lembar. Kami bersama aparat Polsek masih menelusurinya,” kata Ketua Panwascam Rogojampi Irfan Hidayat.

Hasil penelusuran ke warga di sekitar lokasi, kata Irfan, aksi pembakaran ini diduga dilakukan, Rabu (13/3) malam, sekitar pukul 23.00 WIB. Namun, tak ada satupun warga yang mengetahui pelaku pembakaran. “ Jadi, pelaku masih misterius. Dilakukan sendirian atau lebih satu orang,” jelasnya.

Hasil pengakuan warga, bendera berukuran sedang itu tiba-tiba terbakar. Namun, tak sampai terbakar habis,” jelasnya. Belum diketahui juga motif pembakaran alat peraga kampanye (APK) tersebut.

Terkait kejadian ini, pihaknya sudah melaporkannya ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banyuwangi. “ Sudah kita laporkan ke Bawaslu, petunjuknya dilakukan pendalaman,” pungkasnya. Terbakarnya bendera ini terbilang aneh. Sebab, dari sekian bendera parpol yang terpasang di lokasi, hanya dua bendara yang dibakar.

Sementara itu, tim pemenangan PKB Dapil 2 Banyuwangi, Soni Lesmana mengaku, timnya sempat melihat seorang pengendara motor melintas kencang ketika bendera terbakar. “ Ada terlihat seseorang naik motor, ngebut. Setelah itu, terlihat bendera terbakar,” ujarnya.

Bendera parpol yang dibakar itu baru seharu terpasang. Sebelumnya, pihaknya memasang bendera serupa di lokasi. Namun, hilang misterius. Yang aneh, hanya bendera PKB bertuliskan caleg Joni Subagio yang menjadi sasaran. Pihaknya akan melaporkan kejadian ini ke Panwascam.

Kapolsek Rogojampi AKP Agung Setyobudi menegaskan pihaknya bersama Panwascam sudah mengamankan barang bukti bendara yang terbakar. “Karena berkaitan dengan pemilu, barang bukti kami serahkan ke Panwascam,” tegasnya. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan

HUB. : 085236362484