Gaet Santri, Sandiaga Janji Percepat UU Pesantren

11
Cawapres Sandiaga Uno bersilatruhami dengan kalangan ulama se-Besuki di Banyuwangi, Selasa (19/3). (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Banyaknya dukungan dari kalangan santri, membuat calon Wakil Presiden (cawapres) nomor dua, Sandiaga Uno tergerak memperjuangkan pondok pesantren. Salah satunya, dia berjanji akan mendorong terbitnya Undang-Undang Pondok Pesantren jika terpilih dalam pemilu mendatang. Janji Sandiaga ini diungkapkan disela silaturahmi dengan para ulama di halaman Latanza Homestay, Desa Ketapang, Banyuwangi, Selasa (19/3) sore.

Menurut Sandiaga, Undang-Undang Pondok Pesantren sangat dibutuhkan. Hal ini, lanjutnya, untuk memberikan kesamaan pelayanan bagi pondok pesantren. “ Saya akan mendorong lahirnya Undang-Undang Pondok Pesantren. Jadi, pondok pesantren harus diberikan kesejahteraan,” jelasnya.

Dengan undang-undang, lulusan pondok pesantren akan mendapatkan kesempatan kerja ataupun melanjutkan pendidikan yang sama, seperti sekolah umum. Sebab, selama ini, lulusan pondok pesantren belum bisa mendapatkan kesempatan kerja secara bebas layaknya sekolah umum. “ Ini perlunya dibuatnya undang-undang tersebut,” tegasnya.

Pihaknya berharap, Undang-Undang Pondok Pesantren akan memberikan semangat para santri menuntut ilmu di pesantren. Apalagi, jumlah pondok pesantren di Indonesia cukup banyak. Jumlah santrinya juga besar, diperkirakan mencapai sekitar 4 juta orang lebih. Nantinya, dengan Undang-undang, pondok pesantren harus inklusif. Sehingga, lulusannya bisa bersaing ke dunia kerja atau pendidikan lanjutan.

Selain mendorong Undang-Undang Pondok Pesantren, Sandiaga berjanji melakukan perubahan di Indonesia. Salah satunya, perbaikan ekonomi. Mulai membuka lapangan kerja hingga menurunkan tingginya kebutuhan ekonomi warga. “ Tarif listrik, harga sembako diturunkan,” tegasnya. Pihaknya juga mengaku mendapat amunisi baru dengan bergabungnya pengusaha muda, Erwin Aksa ke gerbong pencapresan ini. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan

HUB. : 085236362484