Beras Organik Banyuwangi Tembus Pasar Italia

17
Beras organik petani Banyuwangi mulai menembus pasar Italia. (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Beras organik produksi petani Banyuwangi resmi diekspor ke Italia, Kamis (21/3). Jenisnya, beras merah organik Varietas Segobang A3, Beras Hitam Melik A3, dan Beras Sunrise of Java. Varietas-varietas itu telah didaftarkan sebagai padi asli Banyuwangi oleh Dinas Pertanian di Kementerian Pertanian. Sebelumnya, eskpor beras merah Banyuwangi sudah menembus sejumlah negara.

Menariknya, beras merah ini hasil pertanian para pemuda yang tergabung dalam kelompok tani  di Desa Singojuruh, Kecamatan Singojuruh. Jumlah produksinya mencapai 30 ton per bulan. Luas lahannya 70 hektar. ”Kami mengambil segmen terkecil, yaitu Italia. Kami kirim ke sana 2,8 ton per bulan,” kata Samanhudi, pelopor pertanian organik di Singojuruh.

Dijelaskan, permintaan luar negeri terhadap beras organik Banyuwangi sangat besar. Dari Tiongkok, misalnya, sebesar 60 ton per bulan. Belum lagi dari Amerika Serikat. ”Kapasitas kami terbatas. Jadi ini dipenuhi bertahap. Ke depan, kami terus merangkul petani-petani lainnya,” ujarnya.

Para petani tersebut awalnya adalah kelompok yang mendapatkan pendidikan dan pelatihan pertanian organik Dinas Pertanian Banyuwangi. Kini, ada 200 petani organik lokal. Produk mereka juga dibeli berbagai perusahaan makanan raksasa.

Saat ini pengembangan beras organik Banyuwangi dilakukan di 9 kecamatan. Luas lahannya, 81,49 hektar. Kapasitasnya, 515,5 ton per tahun. Sebanyak tujuh kecamatan telah mendapatkan sertifikat pertanian organik Standar Nasional Indonesia (SNI).

Tahun ini, dua kecamatan dalam proses mendapat SNI pertanian organik. Pemkab Banyuwangi rencananya menambah 120 hektar lahan padi organik. Sehingga,  pertengahan tahun depan sudah ada 200 hektar lahan padi organik untuk memenuhi permintaan ekspor yang tinggi. Selain itu, Pemkab Banyuwangi melakukan pelatihan agen hayati, pengembangan laboratorium mini agen hayati, hingga fasilitasi sertifikasi nasional dan internasional organik. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan

HUB. : 085236362484