Polres Banyuwangi Waspadai 205 TPS Rawan

17
Polres Banyuwangi menggelar simulasi pengamanan pemilu, Jumat (22/3). (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Pemilu 17 April mendatang, jajaran Polres Banyuwangi bersama TNI harus bekerja ekstra keras melakukan pengamanan. Sedikitnya, 212 Tempat Pemungutan Suara (TPS) masuk kategori rawan. Dari jumlah ini, 7 TPS masuk potensi sangat rawan.

Salah satu kriteria TPS paling rawan adalah letak geografis yang terpencil. Sulit dijangkau dengan kendaraan umum. “TPS sangat rawan ini kita lihat dari segi geografis. Empat TPS di Lembaga Pemasyarakatan (LP) dan 1 TPS di Kalipuro yang terpencil,” kata Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Zeinardi Herdiansah usai apel pengamanan Pemilu, Jumat (22/3).

Dijelaskan, jumlah TPS di Banyuwangi selama pemilu mendatang sebanyak 5120 titik. Dari jumlah ini, 5908 TPS masuk kategori kurang aman. Dari sekian TPS, jumlah personel yang disiagakan melakukan pengamanan mencapai 11.536 orang. Terdiri dari gabungan TNI/Polri, Satpol PP dan Linmas. “ Yang terbanyak dari Linmas,” jelas Kapolres.

Khusus di TPS rawan, kata dia, jumlah personel pengamanan akan ditambah. Misalkan, saru TPS ditempatkan dua personel kepolisian. Pihaknya juga akan mendapat bantuan pengamanan dari Bimob Polda Jatim. Hanya, jumlahnya masih belum ditentukan. “ Bantuan pengamanan pasti ada dari Brimob,” jelas Kapolres. Kini, pihaknya akan fokus pengamanan kampanye terbuka yang berlangsung 24 Maret hingga 13 April April 2019.

Selama  pemilu, salah satu obyek vital, tambang emas di Gunung Tumpangpitu akan diliburkan. Sebab, pengamanan akan difokuskan di setiap TPS. “ Tapi, kegiatan publik lainnya tetap jalan terus. Hanya kegiatan pertambangan yang diliburkan, seperti kegiatan blasting,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KPUD Banyuwangi Samsul Arifin mengatakan pihaknya sudah siap dengan segala logistik untuk menggelar pemilu. Dengan dukungan pengamanan dari TNI/Polri, kata Samsul, pemilu di Banyuwangi siap digelar dengan aman. “ Pelipatan surat suara sudah selesai. Kini, sedang seting logistik untuk TPS,” katanya. Pihaknya juga memetakan lokasi yang akan digunakan kampanye terbuka. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan

HUB. : 085236362484