Rusak Baliho Caleg PDIP, Ketua PAC PDIP Disidang

47
Terdakwa perusakan baliho caleg didampingi pengacara dalam sidang di Pengadilan Negeri Banyuwangi, Jumat (22/3). (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Perusakan baliho caleg DPRD Banyuwangi dan DPR RI PDIP akhirnya berlanjut ke persidangan. Terdakwa, Dharmawan (42), warga Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung dihadapkan ke Majelis Hakim, Jumat (22/3). Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendakwanya dengan pasal 280 ayat (1) Undang-Undang No.7/2017 tentang Pemilu.

Dalam persidangan terungkap, terdakwa ternyata menjabat sebagai Ketua PAC PDIP Kecamatan Siliragung. Dia juga menjadi salah satu tim sukses caleg DPR RI, Ganisa Pratiwi. Menariknya, baliho yang dirusak justru milik caleg DPR RI dari PDIP, Banyu Biru.

Dari lima saksi yang dihadirkan, seluruhnya membenarkan perusakan baliho caleg tersebut. Selain baliho caleg DPR RI dari PDIP, perusakan juga menimpa baliho caleg DPRD Banyuwangi dari Partai Kebangkitan Bangsa. “ Saya melihat baliho dirusak saat tengah malam. Pelakunya terlihat jelas,”kata Tiwayah, salah satu saksi.

Hal senada diungkapkan saksi lainnya, Nur Said, warga yang tinggal di dekat baliho caleg yang dirusak. Pria ini mengisahkan, baliho dirusak oleh dua orang. Mengendarai motor. Pelaku merusak dengan memotong kawat yang terikat di dekat warung. Lalu, dibuang ke dekat sungai.

Sayangnya, keterangan perusakan itu dibantah terdakwa. Dia mengaku saat kejadian perusakan, dirinya sedang berada di rumah temannya hingga pukul 02.00 WIB. Padahal, perusakan itu terjadi sekitar pukul 01.00 WIB. “ Keterangan perusakan itu tidak benar. Saya bukan pelakunya,” dalih terdakwa.

Justru, dirinya menyayangkan pelaporan kasus ini hingga berujung ke pidana. Sebab, sebagai pengurus PDIP tidak mungkin nekad merusak baliho milik sesama kader. Sebaliknya, Dharmawan menuding pelaporan ini lantaran unsur politik. “ Kita ikuti saja persidangan. Yang jelas, saya tidak mungkin merusak baliho kader PDIP,” kelitnya usai persidangan. Sidang yang diketuai Saptono ini dilanjutkan, Senin (25/3) depan. Agendanya mendengarkan keterangan saksi.

Kasus perusakan alat peraga kampanye (APK) ini dilaporkan dua perwakilan caleg ke Bawaslu Banyuwangi, 6 Februari 2019. Masing-masing  tim sukses caleg DPR RI dari PDIP, Banyu Biru Djarot dan caleg dapil 4 DPRD Banyuwangi dari PKB, Moh. Kojin. Baliho yang dirusak sebanyak empat lembar. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan

HUB. : 085236362484