Seminar Royke Sahetapy, Siap Kaya, Harus Siap Berubah

117
foto/bb/tin).

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Guna, menumbuhkan semangat jiwa wirausaha, khususnya pelaku UKM, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, belum lama ini menggelar seminar bisnis bagi masyarakat. Mendatangkan Motivator andal sekaligus pebisnis sukses Royke Sahetapi, MSC. Seminar berlangsung di Hotel, Manyar Banyuwangi, dibuka secara gratis bagi masyarakat.

Dalam seminar bertajuk “Cara Sukses Berbisnis UKM” ini, Royke Sahetapi membeberkan rahasia sukses dalam bisnis. Menurutnya, sukses harus dimulai dari mental. “ Harus siap sukses, siap kaya dan siap pindah,” ungkap pria berkacamata ini.

Hal penting yang perlu dilakukan, mengganti “nama” kalian.  Dari karyawan, manager, direktur menjadi  bos. Menurutnya sekecil kecilnya usaha, kamu adalah bosnya.

Royke mengatakan bisnis sharing sangat penting. Sebaiknya, jangan berbisnis sendiri. Sebab, bisnis berjamaah sangat indah. “Sama halnya keutamaan sholat berjamaah lebih banyak. Kenapa tidak dilarikan ke bisnis,” tambahnya.

Menurutnya hal yang membuat seseorang miskin, dimulai dari dalam, yakni selalu berpikir negatif. “Yang membuat kaya bukan banyaknya harta tapi berpikir positif,” ucapnya.

Jadi, pada prinsipnya, kata Royke langkah menjadi kaya, siap mengubah cara berpikir, dari negatif ke positif. Jiwa wirausaha ini cukup penting ditanamkan sejak dini. “ Orangtua wajib membimbing anak punya penghasilan sendiri. Salah satunya  melatih anak menjual,” ucapnya.

Meski nilainya kecil tak masalah, yang terpenting kata Royke, anak anak berlatih tak meminta. Mengingat, semua dimulai dari sesuatu yang kecil sehingga menjadi besar. Royke menuturkan usaha apapun bisa dimulai dari sesuatu yang kecil.

Royke sendiri memulai usaha, berawal dari usaha kecil sampai kini bisnisnya mencapai omset 4 miliar. Salah satu kunci sukses, menjadi investor. “Kita inves, mereka setor, “ ucapnya.

Sistem investor ini bisa dimulai dari usaha kecil. “Bukakan rejeki orang Allah bukakanlah rejeki kita,” ucapnya.

Royke menuturkan tak perlu  takut membuka banyak bisnis. Satu restoran yang tutup, menurutnya tak harus dipersoalkan, yang terpenting fokus dalam pengembangan bisnis. “Pernahkah usaha yang saya kelola macet? Tentu, pernah. Saya punya 40 bisnis 20 saya tutup. Bagi saya, tak masalah. Saya fokus ke pengembangan usaha,” ucapnya.

Tiap membuka bisnis, harus berani membuka cabang. Kata Royke, jangan punya satu bisnis. Karena pasti ada yang sepi. Sebaiknya, membuka bisnis yang dibutuhkan orang. Jika masih belajar, bukalah bisnis yang banyak tantangan, salah satunya usaha kuliner.

Menurut Royke, salah satu penyebab bangsa kita gagal, salah satu alasannya, harus ada uang baru buka bisnis. Royke mengungkapkan dari 40 bisnis yang dia bangun, sebagian tanpa modal. Saat ini Royke tengah membangun sebuah sekolah bisnis bagi pengusaha  muda.  Esco sekolah bisnis yang sudah tersebar di 60 kota.

Di komunitas pengusaha ini dia mengajarkan bagaimana mengelola bisnis dengan sistem patungan. Bagaimana bisnis satu bisa berkembang menjadi 30 sampai 40 cabang. Sekali buka tiga bisnis. “Kolaborasi ini penting,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini Royke memberikan cara kaya dengan berkebun emas. Menurutnya, ada dua pencuri yang selalu mengambil uang kita tiap detik. Pencuri pertama adalah inflasi.

Pencuri kedua nilai barang yang makin menyusut. Seperti handphone dan motor kalo dijual turun harga. “Karena itu, jangan sekali kali pegang uang tapi pegang emas,” ucapnya. Royke juga membagikan cara membuka usaha modal kartu kredit.(tin)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan

HUB. : 085236362484