Bangun Identitas Desa Holti, Gelar KHC dan Wisata Agro Kebun Al-Qur’an (AKA)

63

Cluring- (bisnisbanyuwangi.co.id)- Desa Kaliploso berada di wilayah Kecamatan Cluring, kaya akan  potensi di bidang pertanian. Berbagai kegiatan di bidang pertanian pun digelar masyarakat setempat, guna menguatkan karakter Desa Kaliploso sebagai Desa Holtikultura. Tahun ini, ajang Kaliploso Holti Carnival (KHC) kembali digelar, Kamis ( 19/9). Namun, dikemas berbeda. Yakni, lebih segar, atractif, kreatif, dan menghibur. Tentu, dengan adanya sentuhan-sentuhan baru.

Salah satunya suguhan teaterikal singkat berjudul “Keluarga Petani”. Sukses menghibur penonton. Apalagi ada pesan yang ingin disampaikan. Bahwa berdesa itu bisa berdaya dengan inovasi. Inovasi inilah yang menjadi spirit pemerintah Desa Kaliploso guna menggali potensi potensi desa dan menguatkan identitas Desa Kaliploso sebagai desa pertanian.

Dalam kegiatan KHC 2019  ini, selain diisi dengan pawai bertema holtikultura, juga digelar launcing Agro wisata Kebun Al-Qur’an.“Ini bagian dari peneguhan kami, Desa Kaliploso sebagai Desa Holtikultura,” ucap Kades Kaliploso, Rudi Hartono, dalam sambutannya.

KHC yang masih terselenggara 2 tahun ini, harapan ke depan lebih meriah, mengakomodir banyak kepentingan masyarakat yang ingin mengambil peran dalam menyemarakkan KHC.

Uniknya KHC ini, kegiatan karnaval holtikultura yang seluruh pakaian peserta pawai, terbuat dari sayur, bunga dan  buah.

 Wisata Edukasi

Meski, baru buka, kawasan Agro Wisata Kebun Al-Qur’an (AKA) ini langsung diserbu pengunjung. Rata-rata mereka penasaran dengan Kebun Al-Qur’an. Salah satunya dua remaja asal Desa Purwoharjo ini. Mereka pun tak ingin melewatkan kesempatan untuk jalan jalan di Kebun Al-Qur’an. “ Penasaran juga,” ucap gadis bernama Almira ini, terkekeh.

Kebun Al-Qur’an ini, berlokasi di lahan desa, seluas kurang lebih 3,5 hektar. Yang menarik, di sini pengunjung bisa menemukan tanaman tanaman yang termaktum dalam AlQuran dan hadist Rosul.

Di samping menyuguhkan banyak spot selfi dan pemandangan alam yang menawan. “Ini destinasi wisata baru di Banyuwangi bertema agro wisata dengan balutan konsep edukasi religi,” ucap Rudi Hartono seusai kegiatan soft launching AKA.

Dikatakan Rudi Hartono, Wisata Agro Kebun Al-Qur’an ini sebuah upaya masyarakat Desa Kaliploso untuk mentransformasikan kepada masyarakat terkait pendidikan keagamaan. Yang, dikemas dengan satu nuansa sederhana dan menyenangkan. “ Jadi, masyarakat bisa datang berwisata sambil belajar dan membangun semangat keberagaman,” ucapnya. Ke depan, di kawasan ini pengunjung pun bisa berburu aneka oleh oleh buatan masyarakat Desa Kaliploso.(tin)