Melayani Segala Macam Kebutuhan Toko dan Minimarket

32

Bangorejo (bisnisbanyuwangi.co.id) – Tren saat ini, masyarakat lebih senang belanja di toko modern. Tak heran, jika dua tahun belakangan banyak pemilik toko kelontong beralih membuka toko konsep modern. Seperti minimarket. “Makin ketatnya persaingan, kini banyak pemilik toko kelontong beralih ke konsep minimarket. Dari segi penataan pun lebih rapi, membikin konsumen loyal belanja,” ucap Irwan Budiono yang akrab disapa John, pemilik John’s Mart, di Dusun Sambirejo RT 04 RW 03, Desa Sambimulyo Kecamatan Bangorejo.

Diakuinya, dua tahun belakangan, permintaan kebutuhan minimarket seperti segala macam rak plus jasa pemasangan dan jasa penataan  (planogram) produk kian meroket. Tak hanya di Banyuwangi, bahkan luar kota. Seperti Bali dan Surabaya.

“Hal ini karena toko konsep modern seperti minimarket diyakini lebih bisa menaikkan omset toko,” tambahnya, kepada Bisnis Banyuwangi, belum lama ini.

Usaha rak minimarket ini bagi pria yang sempat bekerja sebagai karyawan minimarket ternama ini, bukan hal baru. Sudah dia tekuni sejak tujuh tahun. Saat ini, pihaknya tercatat sebagai satu satunya distributor segala macam kebutuhan rak  minimarket  dan toko di Banyuwangi. “Awalnya kami agen. Berkat penjualan tercepat, kami dipercaya sebuah pabrik metal baja ternama sebagai satu satunya distributor di Banyuwangi,” ungkapnya.

Sejauh ini, jasa usahanya sudah meluas. Selain memberikan kualitas produk berkelas, harga yang dia patok juga lebih murah. “Kenapa kami berani lebih murah, karena harga barang langsung dari pabrik,” yakinnya.

Kualitas bahan rak dijamin bagus. Terbuat dari bahan baja. Lebih ringan dan kuat. Selain kualitas ekonomis ada juga yang premium. “Untuk yang premium berdasarkan tes ujicoba bisa,  memuat berat 80 kilogram,” tandasnya.

Apalagi, disediakan garansi selama 20 tahun. Bahan cat dengan menggunakan teknik powder cutting. Selain warna lebih cerah, warna lebih tahan lama dan antikelupas. Perawatan mudah dan tampilan lebih bersih.

Sebagai bentuk layanan kepada pelanggan, pihaknya siap melayani segala macam kebutuhan toko dan minimarket. Mulai dari jasa pemasangan rak minimarket sampai jasa penataan produk atau planogram. “Untuk jasa pengiriman gratis,” ucapnya.

Bagi pelaku usaha minimarket pemula, pihaknya siap memberikan jasa konsultasi gratis. Dalam bekerja dibantu tim. Termasuk tim penataan produk. Menurutnya, penataan produk atau planogram ini penting. Berpengaruh pada jalannya usaha  toko. Menurutnya banyak minimarket kolaps karena tak paham management.

Untuk pemasaran, pihaknya dibantu enam tenaga sales. Selain melayani permintaan rak dalam satuan, pihaknya melayani jasa paket lengkap dengan item. “Dengan harga paket, minimal Rp 150 juta, siap buka usaha minimarket. Hanya bangunan disediakan pemilik,” ucap pria yang juga mengelola usaha minimarket ini.

Selain minimarket, permintaan dan jasa pemasangan rak datang dari pemilik toko. Seperti toko elektronik. “Sejauh ini, permintaan rak minimarket ini,  rata -rata 250 unit s.d. 400 unit per bulan,” pungkasnya. (tin)