HUT Ke-3, Perwira Banyuwangi Gelar Sarasehan UMKM

(foto/bb).

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.com) – Kalangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Banyuwangi terus mendapatkan perhatian berbagai kalangan. Salah satunya, dari Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (Perwira) Banyuwangi. Organisasi ini menggelar sarasehan UMKM di Pelinggihan Dinas Pariwisata Banyuwangi, Kamis (1/3). Kegiatan ini serangkaian HUT ke-3 Perwira. Sarasehan dihadiri puluhan pelaku UMKM, termasuk kelompok sadar wisata (pokdarwis).

Disela sarasehan, diisi penandatanganan kerjasama antara pokdarwis dan Perwira. Isinya, Perwira bersama UMKM akan membuka pasar bersama di kawasan wisata. Sarasehan dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Alief Kartiono, Ketua Kadin Banyuwangi M. Yasin, perwakilan Dinas Pariwisata serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Banyuwangi dan bank Jatim.

“ Intinya, kami ingin mengajak UMKM bisa bersaing, tak hanya di pasar lokal. Namun, bisa ke luar negeri. Salah satunya, kita dampingi dalam hal pengemasan hingga pemasaran,” kata Ketua Perwira Banyuwangi, Siti Istiqomah.  Wanita yang akrab dipanggil Isti ini menjelaskan pihaknya sengaja menggandeng UMKM lantaran sektor ini bisa menjadi penyumbang produk domestik regional bruto (PDRB) yang tinggi. Apalagi, Banyuwangi cukup berpotensi bagi pasar UMKM seiring geliat pariwisata.

Isti menambahkan, kerjasama dengan pokwardis menjadi pintu masuk kalangan UMKM. Nantinya, kata dia, UMKM bisa berkembang bersama pokdarwis dalam pengembangan pariwisata. Dengan cara bergandengan ini, UMKM dan pariwisata bisa tumbuh bersama. “ Perwira akan hadir dalam kerjasama ini. Kami juga membuat pusat informasi wisata bersama pokdarwis,” jelasnya. Simak hasil selengkapnya sarasehan UMKM ini di tabloid Bisnis Banyuwangi, edisi Senin (5/3) besok.