Hindari Menjemur Sutera di Bawah Terik Matahari

(FOTO/BB).

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.com) – MERAWAT pakaian dibutuhkan keahlian tersendiri. Sebab, beda bahan, perlakuannya juga beda. Berikut tips merawat pakaian sesuai bahan masing-masing.

Sutera

Sutera merupakan salah satu bahan yang masuk kategori paling mahal. Hal ini dikarenakan dalam pembuatannya, kain sutera dibuat dari pintalan ulat sutera. Jemurlah bahan sutera dengan cara menganginkannya. Hindari menjemur bahan ini langsung di bawah terik matahari. Selain itu, dalam mencuci sebaiknya gunakan detergen khusus. Sehingga, bahan kain tetap terjaga keindahannya.

Denim

Bahan denim merupakan jenis kain yang dapat digunakan berkali-kali. Ini karena jenis bahan yang satu ini tidak mudah kotor. Untuk merawatnya, hindarilah pencucian yang terlalu sering. Sebab, dapat membuat warnanya cepat pudar. Dalam mencuci, gunakanlah air dingin. Jemur di bawah matahari, agar cepat kering. Meski pakaian tidak fleksibel dan cenderung kaku, dengan perawatan tepat pakaian berbahan denim dapat tahan lama, awet.

 Bahan Wol

Bahan wol merupakan bahan yang sering digunakan oleh orang-orang di daerah dingin. Biasanya wol dibuat dalam bentuk mantel. Ini karena wol memiliki rasa yang sangat hangat. Nyaman saat digunakan. Dengan perawatan yang tepat, jenis bahan wol sangat awet, tahan lama. Caranya, gunakanlah detergen khusus untuk mencuci kain wol. Saat menjemur sebaiknya pilihlah tempat yang mendatar. Tujuannya, kain wol tidak mengkilap.  Ketika disetrika letakkan kain lembab di bawahnya. Kemudian simpan di dalam almari.

Bahan Katun

Dari sekian banyak bahan, bahan katun merupakan salah satu jenis bahan yang paling mudah dalam merawat. Selalu gunakan air dingin dalam mencuci. Hindari merendam pakaian katun terlalu lama. Sebab, dapat membuat warna pakaian ini cepat pudar, kusam. Lalu dalam penyimpanan  dapat digantung. Hal ini bertujuan agar pakaian tetap rapi. Tidak kusut saat akan dikenakan. (*)