Mie Pelangi, Bahannya Sayur dan Buah

Mie aneka warna berbahan sayur dan buah. (foto/bb/BS)

Surabaya (BisnisBanyuwangi.com) – MIE adalah makanan populer di semua kalangan. Konon, makanan ini berasal dari Tiongkok. Kini, terbiasa dikonsumsi di Indonesia. Banyak menggunakan bahan dasar mie. Tingginya kebutuhan mie ini membuat wanita asal Surabaya, Eka Hadiyati, tergerak menekuni bisnis ini. Namun, mie buatannya disajikan beda. Bahannya juga tak seperti biasanya.

Lulusan SMTK Margorejo ini mencoba mengangkat kebhinekaan dan  keanekaragaman nusantara  dalam wujud mie. Bentuknya dibuat warna – warni dalam satu kemasan. Jika biasanya mie terbuat dari tepung murni, Eka  inovasi baru. Bahannya buah dan sayur.

Ada warna kuning, hijau dan merah. Seluruhnya bahan warna menggunakan aneka buah dan sayur. Mulai wortel, bayam dan buah naga.

Awalnya, Eka hanya membantu suaminya berjualan pangsit mie. Usaha ini ditekuni hingga 10 tahun, tanpa mengeluh. Lalu, tahun 2017 terbersit keinginan membuat produk mie dari sayur dan buah. Ide ini juga dilatari banyak anak kecil yang tidak suka buah dan sayur.

“Alhamdulilah mie banyak disuka oleh anak kecil,” kata Eka kepada Bisnis Surabaya,belum lama ini.

Mie produk buatan Eka tersebut diberi label “Mie Sae”. Artinya, mie bagus. Harganya  dibandrol Rp 10.000 per bungkus. Isinya 500 gram. Cukup untuk 5 porsi. Mie aneka warna ini bisa bertahan selama 1 hari dalam suhu normal. Dan, 1 bulan dalam suhu beku dalam frezer.

Eka memasarkan mie buatannya dengan sistem online. Pihaknya juga melayani pelanggan di luar kota melalui mitra reseller. “Alhamdulilah  omzet saaat ini mencapai sekitar Rp 6 juta per bulan,” jelasnya. Di bawah bimbingan program Pahlawan Ekonomi (PE) Pemkot Surabaya, Eka terus berusaha memperbaiki tampilan dan kualitas mie buatannya. Pihaknya berharap bisa memiliki outlet sendiri. (nanang/BS)