Novi Kutwati, Eksis Buat Lagu Lagi

Novi Kutwati. (foto/bb/dok.pribadi)

Glagah (BisnisBanyuwangi.com) – NAMANYA tak asing lagi di belantika musik Banyuwangi. Beberapa tahun silam, lagu-lagunya sempat booming. Namun, akhirnya memilih vakum, mundur dari jagat hiburan. Belakangan, dia kembali eksis meramaikan musik Using. Bahkan, menyiapkan sejumlah lagu baru, segera diluncurkan. Dialah, Novi Kutwati, penyanyi Using yang sempat hits lewat lagu “Sing Kuat” dan “Luntur”.

Kembalinya penyanyi asal Desa Rejosari, Kecamatan Glagah ini bukan tanpa alasan. Dia ingin melanjutkan kiprahnya melestarikan budaya Banyuwangi. Khususnya, lagu Using.

“ Selain memang kangen menyanyi. Ini juga memenuhi permintaan fans. Mereka meminta saya terus berkarya, mengangkat budaya Banyuwangi,” kata Novi saat berbincang dengan Bisnis Banyuwangi, pekan lalu.

Novi mengisahkan, dirinya memilih mundur dari jagat hiburan tahun 2006, setelah menikah. Lalu, memiliki anak. Lantaran ingin fokus kepada keluarga, perempuan kelahiran 8 Februari 1976 ini, memutuskan vakum. Meski tak pernah tampil, ternyata, Novi tak menghentikan bakat seninya. “ Selama vakum, disela membesarkan anak, saya tetap menulis lagu. Ada beberapa yang akan segera kita rilis,” kata ibu dua putri dan satu putri ini.

Setahun belakangan, suara emas Novi kembali menghiasi panggung hiburan bumi Blambangan. Sejumlah tawaran manggung, mulai diambil. Selain manggung, pemilik bintang Aquarius ini juga mulai kebanjiran tawaran rekaman. Ternyata, meski lama vakum, nama besarnya masih berkibar. “ Saya mulai memenuhi janji ke produser untuk rekaman lagi,” jelasnya.

Di balik suara emasnya, Novi ternyata piawai menulis lagu. Tercatat, lebih dari 10 lagu hasil ciptaannya. Salah satunya, “ Sing Kuat”, sempat “meledak”. Melambungkan nama penyanyi bertubuh ramping ini.

Lalu, bagiamana dengan maraknya penyanyi baru ? Bagi Novi, fenomena ini bukan menjadi halangan. Apalagi, pesaing. Justru, dia merasa bangga banyak penyanyi pendatang baru. Mereka ikut melestarikan budaya Banyuwangi. “ Saya berkarya bukan semata melihat uang. Tapi, murni seni. Dan, senang melihat masyarakat terhibur,” ujar putri pasangan Sudiyo dan Karti.

Karir Novi di belantika musik Banyuwangi bisa dibilang dari nol. Berawal mengikuti lomba tingkat kecamatan, karirnya terus melejit. Dari situlah, dia berhasil masuk dapur rekaman. Tercatat, lebi dari 50 lagu yang sudah dibawakannya lewat album. Di awal karir, Novi bergabung bersama sejumlah musisi papan atas Banyuwangi. Dia berharap, kehadirannya di panggung musik Banyuwangi bisa mengobati kerinduan para pecinta musik Using. (udi)