Unik, Mahar Siluet Berbahan Koin

Evi Wijayanti menunjukkan aneka mahar buatannya. (foto/bb/tin)

Purwoharjo (BisnisBanyuwangi.com) – KERAJINAN souvenir, usaha inilah yang ditekuni Evi Wijayanti sejak 5 tahun silam. Evi merintis usaha “Avika Soevenir”  di kawasan Jalan Sidorejo, Dusun Curahpecak, Purwoharjo, dari nol. “Modal awal pemberian teman yang tak lagi meneruskan usaha,” ucap mantan perawat ini kepada Bisnis Banyuwangi, pekan lalu.

Evi mengaku ada teman yang sebelumnya merintis usaha souvenir. Tapi lantaran pindah kota, seluruh alat dan bahan diberikan padanya. Seperti gunting, pita dan kain perca. Dari hobi membuat pernak-pernik, Evi mencoba membuat sendiri aneka souvenir secara otodidak. Meski, di awal usaha sempat mendapat cibiran dari tetangga, kini Evi mengaku puas. Dari usaha ini mendapatkan penghasilan lumayan. Saat belum dikenal, Evi membuatkan mahar seorang teman, secara gratis. Dari situ, usahanya kian dikenal dari mulut ke mulut. Saat ini tak hanya menyediakan berbagai souvenir pernikahan maupun wisuda. Dirinya juga melayani jasa pembuatan mahar dan pesanan mahar serta kotak hantaran. Berbagai jenis souvenir dia sediakan. Seperti barang pecah belah, bros, sampai tanaman kaktus untuk souvenir. “Saya baru belajar budidaya kaktus dua bulan belakangan,” ucap wanita kelahiran Banyuwangi 16 Januari 1988 ini. Untuk mendapatkan pelanggan, selain melakukan promosi online, dirinya banyak menjalin kerja sama dengan para perias. Menurutnya, permintaan jasa pembuatan hantaran setiap hari ada. Hantaran ini bisa dibuat sesuai pesanan. Khusus souvenir, selain bikin sendiri, dia datangkan dari Yogyakarta. Harga souvenir mulai Rp 2.500 hingga Rp 15.000 per biji.

Menurutnya permintaan souvenir per bulan minimal 3.000  hingga 5.000 biji per bulan. Pelanggannya dari berbagai kawasan. Seperti Banyuwangi, Pesanggaran dan Muncar.  Bahkan, Malang dan Papua. Sementara itu, permintaan pembuatan kotak hantaran mencapai 20 hingga 25 biji per bulan. Khusus jasa pembuatan hantaran dipatok ongkos cukup murah, hanya  Rp 55.000. Sementara pembuatan sekaligus barang dibandrol dari Rp 100.000 hingga Rp 150.000 per biji.

Saat ini mahar bertema vintage atau kuno, diminati. Harganya mulai dari Rp 250.000 hingga. Rp 1 juta per buah. Serta, mahar siluet dari uang koin. Dibanderol Rp 1 juta.  Kata Evi, mahar siluet koin ini unik. Sehingga banyak peminat. Dari usaha ini, Evi mengaku bisa mengantongi omzet Rp 8 juta hingga Rp 20 juta per bulan. Menurutnya, usaha ini masih menjanjikan. (tin)