Impor Masuk, Beras Lokal tetap Surplus

Kapal pengangkut beras impor sandar di Pelabuhan Tanjungwangi. (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.com) – MENJADI lumbung beras nasional, Banyuwangi tetap menjadi sasaran beras impor. Sebanyak 25.000 ton beras impor dari Vietnam dan Thailand masuk ke Bumi Blambangan, dua minggu terakhir. Bahan pokok itu diangkut menggunakan kapal asing, bongkar muat di Pelabuhan Tanjungwangi. Dua kapal datang terpisah. Pertama mengangkut 20.000 ton, sisanya 5000 ton mulai bongkar muatan.

Bongkar muatan beras impor ini dibenarkan Ade Nurcahya, Manajer Umum, SDM dan Kesisteman Pelindo III Tanjungwangi. Menurutnya, dua kali, kapal asing bongkar beras impor di Tanjungwangi. Dokumen yang dibawa, seluruhnya lengkap. “ Kapal pertama, kami langsung yang menangani bongkar muatan. Kalau kapal kedua, perusahaan lain,” jelasnya, Senin lalu.

Sebelumnya, Kepala Bulog Banyuwangi David Susanto menegaskan pihaknya hanya bertugas menampung kiriman beras impor tersebut. Sebab, kapasitas gudang Bulog Banyuwangi cukup besar. Beras impor itu, kata dia, hanya transit di Bumi Blambangan. Nantinya, akan disalurkan ke kawasan Indonesia timur. Salah satunya, ke NTT dan Bali.

Sementara, Kadis Pertanian Banyuwangi, Arief Setiawan menegaskan beras impor merupakan kebijakan pusat. Namun, pihaknya memastikan, hasil panen gabah dan produksi beras di Banyuwangi selalu surplus. Karena itu, menjadi salah satu lumbung padi nasional.

Produksi padi tahun 2017 mencapai 817.512 ton, meningkat dibandingkan tahun 2016 sebesar 790.623 ton. Luas tanam padi juga terjaga di angka 124.828 hektar.

Sedangkan produksi beras, lanjut Arief, tahun 2017 sebanyak 512.907 ton. “Angka ini jauh lebih tinggi dibanding kebutuhan konsumsi masyarakat Banyuwangi yang hanya 152.267 ton per tahun. Sehingga ada surplus sebesar 360.640 ton,” jelasnya. Beras surplus ini yang didistribusikan ke berbagai daerah di Indonesia. Dari jumlah produksi beras, kata dia, diserap oleh Bulog sebanyak 85.000 ton. Jumlah ini melebihi target yang hanya  63.000 ton. (udi)