Desa Sukomaju, Diresmikan Jadi Kampung Gurami

Wabup Yusuf Widiatmoko (tigas dari kiri) melaunching Kampung Gurami. (foto/bb/tin)

Srono (BisnisBanyuwangi.com) – SATU lagi, potensi dari desa dideklarasikan sebagai salah satu ikon Banyuwangi. Adalah Kampung Gurami di Dusun Sukorejo, Desa Sukamaju, Kecamatan Srono. Memiliki banyak petani ikan gurami terbesar, desa ini akhirnya ditetapkan sebagai kampung gurami, Minggu (22/4) lalu. Lahirnya ikon baru ini diharapkan bisa mendongkrak kunjungan wisatawan ke daerah ini. Termasuk, penjualan aneka olahan ikan gurami.

Suasana Dusun Sukorejo, tampak beda dari biasanya, pekan lalu. Stan ikan bakar berderet, berjajar rapi di sepanjang jalan dusun setempat. Pengunjung bisa menikmati sensasi bakar gurami di stan sepanjang 300 meter ini. Warga setempat menyediakan gurami segar, pengunjung yang tertarik bisa membeli dan dibakar di tempat. Menu gurami bakar ini disajikan dengan sambal lalapan dan nasi.

Seluruh warga Desa Sukomaju, terdiri dari 51 RT ikut terlibat dalam gawe besar ini. Maklum, kegiatan ini menjadi sejarah baru.  Acara diawali dengan kirap gurami. Berangkat dari depan Kecamatan Srono menuju kampung gurami. Juga dimeriahkan aneka hiburan marching band dan kesenian barongsai. Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widiatmoko. Launching Kampung Gurami ditandai dengan memukul kentongan. Setelah itu, wabup  Yusuf ikut menikmati sensasi bakar gurami.

Digelar juga pasar rakyat. Menyediakan berbagai produk olahan gurami. Seperti gurami krispi, abon gurami, stik gurami dan lumpia gurami.  Juga digelar lomba masakan berbahan dasar gurami, diikuti 51 RT se-Desa Sukomaju.

Ketua panitia, Dadang Setiawan mengatakan acara tersebut merupakan kegiatan lounching Kampung Gurami dan Resto Pawon Gurami. “Lewat kegiatan ini kami berharap bisa mengangkat potensi Desa Sukomaju, khususnya Dusun Sukorejo. Bukan sekadar budidaya, tapi dalam hal pasca budidaya,” ungkapnya kepada Bisnis Banyuwangi.

Sementara itu, Kepala Desa Sukomaju Sishadi Wiyono mengataka penetapan kampung gurami bisa menjadi destinasi wisata kuliner di Desa Sukomaju. Kegiatan ini juga didukung Dinas Pariwisata Banyuwangi. “Untuk meningkatkan skill warga dalam bidang membuat olahan, warga diberikan pelatihan memasak gurami menjadi beragam varian, langsung dilatih chef hotel ternama,” ungkapnya.

Lewat kegiatan ini, kata dia, warga langsung mendapat pesanan sebanyak 200 paket gurami dari para pejabat SKPD Banyuwangi. Berbagai masakan guram dibuat dengan rasa yang membuat ketagihan. Seperti, rica-rica gurami, gurami bumbu rujak dan gurami bakar. “Sebanyak 1,5 ton gurami terjual selama launching,” pungkasnya. (tin)