Dititipi Napi Teroris, LP Banyuwangi Siaga

Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman dan Dandim Banyuwangi mengecek pengamanan blok yang ditempati napi teroris di LP Banyuwangi, Selasa (25/5). (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.com) – Satu nara pidana (napi) teroris dititipkan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Banyuwangi. Napi berinisial AD, asal Bandung ini merupakan titipan dari rumah tahanan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. Mendapatkan napi khusus, LP Banyuwangi menetapkan status siaga. Pengamanan diperketat.

Kepala LP Banyuwangi Ketut Akbar Herry Achyar mengatakan pihaknya memberikan pengamanan khusus bagi napi titipan dari Mako Brimob tersebut. “ Napi inisial AD itu dititipkan sejak 8 bulan lalu. Sejak muncul kasus Mako Brimob dan tragedi bom di Surabaya, pengamanan blok yang dihuni napi teroris ini makin diperketat. Kami koordinasi terus dengan Densus 88,” kata Akbar, Selasa (15/5).

Akbar menjelaskan, tidak ada perlakuan khusus bagi napi teroris tersebut. Hanya, karena kasus kriminal yang tak umum, napi teroris ini ditempatkan di sel khusus. “ Kita pantau secara khusus, termasuk pengunjungnya,” jelasnya.

Sejak masuk ke LP Banyuwangi, lanjut Akbar, napi teroris ini ditempatkan di blok pengasingan. Jumlah napi yang menghuni juga sangat terbatas. Namun, hak-hak sebagai napi tetap diberikan secara sama.

Napi teroris itu, tambah Akbar, terlibat dalam rencana teror di Bekasi. Dia ditangkap Densus 88, lalu divonis sekitar 5 tahun penjara. Sebelum dititipkan ke LP Banyuwangi, napi teroris ini sudah satu tahun mendekam di rutan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok. “ Dia tinggal menjalani masa hukuman sekitar 2,3 tahun,”  ujar Akbar.

Selama di LP, napi teroris itu bisa berkomunikasi baik bersama sipir. Termasuk, dengan napi lain. Namun, di bawah pemantauan ketat petugas. Keluarga juga rutin mengunjungi setiap sebulan sekali. Saat keluarga membesuk, pihak napi akan memantau dengan sangat ketat.

Sementara Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman menegaskan kondisi LP Banyuwangi cukup kondusif, meski ada satu titipan napi teroris. “ Sistem pengamanan di LP Banyuwangi sudah bagus. Pembinaan ke napi juga baik,” kata Kapolres usai mengunjungi napi teroris di LP Banyuwangi. Meski begitu, pihaknya bersama petugas LP tetap siaga menjaga keamanan para napi. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan