Cegah Impor, Gus Ipul Dukung Pengembangan Bawang Putih Licin

Gus Ipul berdialog bersama petani bawang putih di Licin, Banyuwangi, Rabu (30/5). (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.com) – Calon Gubernur (Cagub) Jatim nomor dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) kembali menggelar safari di Banyuwangi, Rabu (30/5). Cagub yang diusung PDIP-PKB ini mendatangi sejumlah pusat ekonomi.

Salah satunya, pusat pertanian  bawang putih di Desa Tamansari, Kecamatan Licin. Mantan Wagub Jatim dua periode ini mendukung kawasan tersebut menjadi pusat produksi bawang putih di Jatim.

Selain mencegah impor, pertanian ini mampu menyerap banyak tenaga kerja. ” Kalau hari biasa bisa menyerap 1000 tenaga kerja, saat masa panen bisa sampai 3000 orang tenaga kerja. Ini sangat bagus,” katanya.

Kawasan ini lanjutnya sangat tepat dijadikan pusat pengembangan bawah putih, bahkan untuk nasional. ” Saya senang dengan kondisi ini. Kita bisa swasembada pangan, khusus bawang putih. Jadi, jangan sampai impor,” jelasnya.

Apalagi, lanjut Gus Ipul, produksi bawang putih di Licin cukup besar, mencapai 300.000 ton. Bahkan, akan ditingkatkan hingga 600.000 ton. Kondisi ini kata dia menjadi momentum bagus bagi ketahanan pangan di Jatim.

Selain ke pertanian bawang putih, safari kali ini mengunjungi beberapa lokasi. Diantaranya, pabrik pengolahan udang dan pabrik triplek di Labanasem, Kabat. Serta, berdialog dengan para komunitas perempuan di Rogojampi. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan