Kerajinan Kaligrafi Omzet Rp 12 juta per Minggu

Pesanan kerajinan kaligrafi terus mengalir di Banyuwangi. (foto/bb/tin)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.com) – IKON Banyuwangi sebagai Kota Santri membawa berkah bagi pelaku usaha kerajinan seni kaligrafi. Di Kota Gandrung peminat kerajinan seni kaligrafi ini cukup tinggi. Apalagi usaha ini masih minim pesaing. Hal ini diakui Dedi Erfinas, pemilik produk kerajinan “Fawwaz Centra Kaligrafi”. Di galerinya, di Jalan Raya Lunto 125 Rogojampi, berbagai produk seni kaligrafi dijual.

Seperti kaligrafi kuningan, alumunium, figura foto, relief Mekkah Madinah, lukisan dan melayani pembuatan relief interior masjid. “Permintaan pembuatan relief interior masjid ini ramai, dua atau tiga bulan sebelumRamadhan. Sehingga saat masuk Ramadhan proses pengerjaan selesai,” ucap pria yang tergabung dalam Pakar Wangi ini kepada Bisnis Banyuwangi, pekan lalu.

Selain masjid, hiasan kaligrafi ini juga diminati untuk perumahan. Terutama jelang Lebaran.

Dedi yang asli Jombang ini, sudah berkecimpung di seni lukisan huruf ini sejak tahun 2008, di Jombang. Hampir semua warga di kampungnya menekuni seni kerajinan ini. Dedi merintis usaha dari modal Rp 700.000. Di awal usaha, Dedi menawarkan dagangan berkeliling dengan sepeda motor. Lambat laun, usahanya meningkat, membeli mobil.

Dari situ, aktif mengikuti pameran dari kota ke kota. Dari Tuban, Lamongan, Yogyakarta, sampai ke Pulau Madura. Tahun 2010, dia pameran ke Banyuwangi. Tahun 2014  memilih menetap di Banyuwangi. Saat ini, proses produksi berada di Desa Mangli, Kecamatan Kaliwates, Jember. Dengan melibatkan 6 tenaga kerja. Sebulan, berbagai item dihasilkan. Pemasaran dirinya dirinya dibantu para reseller.

Selain seni kaligrafi dirinya juga menjual beragam lukisan. Pihaknya menggandeng pelukis Banyuwangi yang sebelumnya tak tersentuh. Di luar Ramadhan lukisan-lukisan ini banyak diburu. Dibandrol dari harga Rp 350.000 hingga Rp 3,5 juta. Banyak wisatawan dari luar kota tertarik membeli. Seperti Surabaya dan Bali. Selain kaligrafi dirinya menerima pesanan lukisan segala ukuran dan motif. Dari usaha ini bisa meraih omzet Rp 12 juta hingga Rp 15 juta per minggu. (tin)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan