Sehari, Pemudik di Bandara Banyuwangi Tembus 1.200 Orang

Aktivitas penumpang di Bandara Banyuwangi. (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.com) – Bertambahnya rute penerbangan dari Banyuwangi ikut mendongkrak pemudik yang menggunakan pesawat terbang. Rata-rata, selama arus mudik, jumlah penumpang yang terbang dari Banyuwangi mencapai 1200 orang per hari. Pertumbuhan ini mengalahkan bandara-bandara lain yang dikelola Angkasa Pura II (AP II).

Peningkatan penumpang di Bandara Banyuwangi paling terasa mulai Sabtu (9/6) hingga Selasa (12/6). Tujuannya, paling banyak ke Jakarta. “Peningkatan signifikan terlihat jelas penumpang yang datang maupun tiba,” kata Executive General Manager Bandara Banyuwangi Anton Marthalius di hadapan Menteri Pariwisata Arief Yahya,  Rabu (13/6).

Dijelaskan, PT AP II sebagai pengelola Bandara Banyuwangi mengantispasi puncak mudik kedua, iperkirakan terjadi Rabu (13/6) hingga Kamis (14/6). Diperkirakan, aka nada 1500 penumpang sehari.

Dari jumlah itu, Bandara Banyuwangi diperkirakan akan melayani 18.000 penumpang selama libur Lebaran.  Padahal bandara tersebut baru diresmikan  tahun 2010. ”Kami akan all-out melayani penumpang,” ujarnya.

Anton menambahkan, jumlah aktivitas pesawat di Bandara Banyuwangi juga naik dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. “Pada 2017, Bandara Banyuwangi melayani 8 pergerakan pesawat per hari. Sedangkan pada tahun ini total 16 per hari,” imbuhnya.

Secara nasional, lanjut dia, realisasi sementara penumpang Angkutan Lebaran 2018 di bandara-bandara yang dikelola AP II tembus 1.036.166 orang. Dari jumlah ini, pertumbuhan persentase tertinggi dari Bandara Banyuwangi, mencapai 133,5 persen.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi kinerja Bandara Banyuwangi. Apalagi, bandara ini akan menjadi pendukung hajatan IMF-World Bank di Bali, Oktober mendatang. Menurutnya, Banyuwangi memiliki tiga prasyarat menjadi destinasi utama. Masing-masing, memiliki atraksi wisata bagus, amenitas pendukung lengkap, dan aksebilitas yang semakin mudah. “ Kesiapan menangani lonjakan penumpang pada libur Lebaran ini adalah buktinya,” jelasnya. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan