Terendam Banjir, Tiga TPS Direlokasi

Lokasi TPS di Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi yang terendam banjir lumpur, Senin (25/6). (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.com) – Banjir bandang yang melanda empat dusun di Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi, ikut berdampak pada persiapan pemilihan gubernur (pilgub) Jatim. Tiga tempat pemungutan suara (TPS) di desa setempat terpaksa direlokasi akibat terendam banjir lumpur. Bahkan, terop yang sudah didirikan untuk TPS hanyut diterjang banjir. Genangan lumpur juga masih menggenangi lokasi.

Tiga TPS yang terendam banjir masing-masing TPS 4,6 dan 7. Total ada sekitar 1.200 pemilih di tiga TPS tersebut. Karena tak memungkinkan untuk pencoblosan, TPS tersebut terpaksa dipindah. “ Kita cek lokasi, kondisinya memang tak memungkinkan. Lumpur masih menggenang. Jadi, kita relokasi agar proses pemungutan suara bisa lancar,” kata Komisioner KPUD Banyuwangi Suherman disela mengecek TPS di lokasi banjir, Senin (25/6).

Pejabat ini menjelaskan, meski diterjang banjir, proses pemungutan suara pilgub, Rabu (27/6) harus tetap terlaksana. Sebab, sudah menjadi amanat Undang-undang. Karena itu, pihaknya memberikan dukungan bagi para petugas PPS di Desa Alasmalang untuk menyiapkan TPS. Untungnya, saat banjir, belum ada logistik yang terdistribusi ke TPS. Hanya, terop dan meja kursi. “ Jadi, kita pastikan, pemungutan suara jalan terus, meski ada musibah banjir,” tegasnya.

Pihaknya juga memastikan tidak ada warga yang pindah domisili untuk memilih. Sehingga, semua warga terdampak banjir bisa mencoblos di TPS masing-masing. Hanya, lokasinya direlokasi sekitar 100 meter dari titik semula. Lokasi yang dipilih juga jauh dari jangkauan banjir. “ Kami minta ke PPS untuk pro aktif ke setiap warga agar datang ke TPS saat pencoblosan besok. Surat undangan mencoblos juga sudah disitribusikan,” imbuhnya. Pihaknya juga menyediakan blanko A5 bagi warga terdampak banjir yang ingin mencoblos  di tempat lain.

Terkait logistik pilgub di daerah terdampak banjir, pihaknya  memastikan akan terdistribusi secara aman. “ Kami minta PPS koordinasi dengan BPBD terkait logistik makanan bagi petugas saat pencoblosan,” pungkas Suherman. Pilgub Jatim di Banyuwangi terdiri dari 1.380 TPS. Dari jumlah itu, hanya tiga yang terdampak banjir bandang, Kamis (22/6) lalu. Tercatat 23 rusak parah akibat musibah ini. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan