Beasiswa BSI Luluskan Guru SLB

Penyerahan beasiswa dari PT BSI kepada siswa di Pesanggaran. (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.com) – Menjadi guru Sekolah Luar Biasa (SLB) bukan hal mudah. Dibutuhkan biaya, semangat berkuliah. Namun, persoalan biaya bukan halangan bagi para siswa di Pesanggaran. Seperti dirasakan Ika Nuraini, warga Desa Pesanggaran, Kecamatan Pesanggaran. Gadis imut ini sukses menyandang predikat guru SLB setelah lulus dari Pendidikan Guru SLB. Berkat prestasinya, dia bisa lulus sekolah tanpa biaya. “ Jadi, biayanya dari beasiswa PT Bumi Suksesindo (BSI). Kami sangat terbantu, sehingga bisa kuliah tanpa biaya sampai lulus,” kata Ika usai penyerahan beasiswa BSI, belum lama ini.

Dijelaskan, beasiswa didapat dari BSI sejak tahun 2014. Nilainya, Rp 5,5 juta per semester. Dari beasiswa prestasi nilai ini, Ika bisa lulus tanpa membebani orang tua. “ Nilai beasiswa ini cukup untuk biaya kuliah,” jelas alumnus Unversitas Negeri Malang (UNM) tersebut. Dia berharap,beasiswa ini bisa terus berlanjut dari BSI. Sehingga, bisa dirasakan masyarakat di sekitar pabrik. Lalu, menyemangati siswa lain yang ingin mendapatkan beasiswa serupa.

Sementara itu,  Senior Manager External Affairs (EA) PT BSI, Sudarmono mengatakan pemberian beasiswa merupakan program rutin tahunan. Diperuntukkan bagi siswa SD, SMP, SMA, S1 dan santri. “Kami tetap mempertahankan program beasiswa sejak 2014. Jumlah penerima  meningkat dari tahun ke tahun,” terangnya didampingi Devisi Humas, Yunizar Faisal. Penyerahan beasiswa tahun 2018 digelar di gedung serbaguna Desa Pesanggaran, 16 Agustus kemarin.

Tahun ini, PT BSI memberikan total 178 beasiswa kepada masyarakat. Rinciannya, 70 siswa SD, 50 siswa SMP, 35 untuk siswa SMA, 8 santri dan 15 beasiswa S1. Penetapan penerima beasiswa dilakukan oleh Komite Beasiswa, terdiri dari para tokoh masyarakat. Komite ini menyeleksi dan menetapkan para pendaftar untuk menerima beasiswa. Sejak tahun 2014, total beasiswa sudah menyasar 339 siswa. Nilainya disesuaikan dengan tingkatan sekolah. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan