Tatib Baru, DPRD Bisa Pilih Bupati

Handoko. (foto/bb/dok)

PELUANG DPRD Banyuwangi bisa memilih Bupati secara langsung kembali terbuka. Hal ini menyusul rencana perubahan kedua Peraturan DPRD tentang Tata Tertib (Tatib) DPRD. Dalam aturan terbaru, DPRD bisa memilih Bupati secara langsung jika terjadi kekosongan pemerintahan hingga 18 bulan atau lebih. Aturan ini menyusul berlakunya Peraturan Pemerintah (PP) No.12/2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

” Tatib DPRD Banyuwangi akan kita revisi pasca-terbitnya PP No. 18/2018 , ” kata anggota Badan Pembentukan Perda DPRD Banyuwangi, Handoko, belum lama ini.

Politisi Demokrat ini menambahkan dalam PP 12/2018 yang disahkan April kemarin, salah satunya mengatur tata cara pengisian kekosongan jabatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. “Dalam aturan yang baru itu, DPRD diberi kewenangan memilih   Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, jika terjadi kekosongan selama 18 bulan atau lebih,  ” jelasnya.

Handoko menambahkan, penyesuaian tatib tersebut harus segera dilakukan di DPRD Banyuwangi. Sebab, mengikuti aturan di atasnya. Bahkan, kata dia, beberapa DPRD di daerah lain sudah menyelesaikan penyesuaian aturan terbaru tersebut. Pihaknya berharap, aturan terbaru ini bisa segera dibahas di DPRD. Sehingga, tahun depan sudah mulai berlaku.

Handoko menambahkan selain terkait pengisian kekosongan jabatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, dalam aturan terbaru ini juga ada perubahan pada tugas pokok, fungsi dan kewenangan DPRD. Sebelum dibahas di internal DPRD, pihaknya melakukan konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri. Sehingga, ada batasan pasti dalam melakukan revisi. “ Konsultasi dulu, setelah itu dibahas di internal DPRD,” pungkas wakil rakyat asal Rogojampi tersebut.

Selama ini, DPRD tak memiliki wewenang memilih Kepala Daerah maupun wakilnya. Sebab, melalui pemilihan langsung, termasuk jika terjadi kekosongan jabatan. DPRD hanya memiliki wewenang mengusulkan pemberhentian Kepala Daerah atau wakilnnya ke Kementerian Dalam Negeri. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan