Job Fair Tawarkan 2.381 Lowongan Kerja

Ajang job fair di GOR Tawangalun, Banyuwangi. (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Kabar gembira bagi para pencari kerja di Banyuwangi. Pemkab kembali menggelar job market fair 2018 di GOR Tawangalun. Sebanyak 2381 lowongan pekerjaan dari berbagai bidang siap ditawarkan.

Bupati Anas mengatakan job fair ini menjadi salah satu cara mempertemukan pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga trampil maupun tenaga ahli. Dengan even ini, Anas berharap dapat membantu pencari kerja mendapatkan  pekerjaan yang diharapkan.

“Even ini rutin digelar setiap tahun oleh pemerintah daerah, selain untuk mengurangi jumlah pengangguran terbuka, harapan kami perusahaan di Banyuwangi bisa diisi oleh putra putra terbaik daerah tentunya yang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan,” kata Bupati Anas disela membuka job fair, Kamis (6/9).

Job market fair, kata Anas, merupakan program pemerintah yang paling efektif untuk menurunkan jumlah pengangguran. Menurutnya, sejak digelar 2013 lalu, kegiatan mampu menyerap ribuan tenaga kerja baru. Total,  3.400 tenaga kerja terserap.

Anas melanjutkan, selain menggelar job market fair, pemkab terus mendorong  tumbuhnya wirausaha muda baru. Menurut Anas, peran guru sekolah menegah atas maupun kejuruan sangat penting untuk mendorong para lulusannya untuk mau membuka usaha secara mandiri.

“Jumlah lulusan SMA dan SMK tiap tahunnya mencapai 30.000 orang, lebih banyak dari jumlah lapangan kerja yang tersedia. Karena itu berwirausaha menjadi salah satu jalan bagi para lulusan tersebut dan hal ini harus didorong sejak dini oleh para guru di sekolah,” tegasnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Banyuwangi Alam Sudrajat mengatakan job fair kali ini sebanyak 54 perusahaan membuka lowongan, dari berbagai bidang. Mulai dari otomotif, perhotelan, pertambangan, perbankan, rumah sakit, retail, hingga leasing.  “Posisi yang dibuka pun beragam mulai level manajemen hingga operator dan teknisi,” jelas Alam. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan