2019, BNN Kabupaten Unjuk Gigi

Razia narkoba di tempat hiburan di Banyuwangi. (foto/bb/dok)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Menjelang beroperasinya penerbangan internasional di Banyuwangi, Badan Narkotika Nasional (BNN) ikut turun gunung. Dijadwalkan, tahun 2019, BNN Kabupaten akan mulai unjuk gigi di Banyuwangi. Targetnya, mengantisipasi peredaran narkoba di Bumi Blambangan.

Kepastian pembentukan BNN Kabupaten ini diungkapkan Kepala BNN Provinsi Jatim Birigjen Bambang Budi Santoso, Senin (17/9). Jendral bintang satu ini menambahkan, saat ini Banyuwangi menjadi daerah yang maju, baik perekonomian maupun pariwisata. Dampaknya, Banyuwangi didatangi banyak orang dari berbagai tempat. “Sebentar lagi Banyuwangi juga bakal memiliki penerbangan internasional. Belum lagi posisi Banyuwangi sebagai pintu masuk Jawa bagian timur melalui jalur laut, pastinya semakin banyak orang yang datang kesini,” kata Brigjen Bambang.

Kondisi ini, kata Bambang sangat berpeluang munculnya tindakan negatif. Salah satunya masuknya peredaran narkotika. Antisipasinya, Banyuwangi segera memiliki kantor BNN tingkat Kabupaten. “Saat ini tidak bisa dipungkiri jika di Indonesia, narkotika bahkan sudah sampai menjangkau wilayah pedesaaan dan Banyuwangi harus mengantisipasi ini,” tegasnya. Menurut Bambang, pihaknya sudah bertemu dengan Bupati Abdullah Azwar Anas. Pemkab, kata dia, mendukung pembentukan BNN Kabupaten.

Ditambahkan, hadirnya BNN di Kabupaten mampu melakukan penanganan masalah narkotika secara menyeluruh. Mulai pemberantasan, pencegahan dan pemberdayaan hingga rehabilitasi dan pasca-rehabilitasi. “Jadi BNN itu tidak sekadar menangkap pengguna atau pengedar narkotika, tapi juga memutus mata rantai peredaran narkotika. Seperti, rehabilitasi,” tegasnya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, narkotika dan obat-obatan terlarang merupakan ancaman serius bagi generasi muda. Karenanya, daerah sangat mendukung berdirinya lembaga ini. “ Kami ingin generasi muda Banyuwangi  aman dari ancaman bahaya narkoba,” kata Bupati Anas. Pihaknya sedang mempersiapkan pendirian BNN, salah satunya membentuk tim pendirian BNN  kabupaten. Targetnya, beroperasi tahun depan. (udi)

 

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan