Pengungsi Gempa Palu Asal Banyuwangi Digelontor Bantuan dari BSI

Tim ERT PT.BSI membagikan sumbangan sembako ke korban gempa dan tsunami di Sigi, Sulawesi Tengah, Selasa (16/10). (foto/bb/ist)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Musibah gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, membuat investor tambang emas Tumpangpitu, PT. Bumi Suksesindo (BSI) ikut turun tangan.  Melalui tim ERT (emergency response team),  PT BSI menyerahkan bantuan logistik kepada korban gempa di Lolu dan Jonoge, Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Selasa (16/10).

Kebetulan, di daerah ini banyak warga perantauan dari Pesanggaran dan Siliragung yang mengungsi di kamp pengungsian.  Mereka terpaksa mengungsi lantaran kampungnya luluh lantak akibat gempa dan likuifaksi beberapa waktu lalu.

Paimun, salah satu tokoh yang berada di pengungsian ini mengaku warganya masih membutuhkan banyak bantuan. Terutama, bahan makanan. “Kerusakan di wilayah kami sangat parah. Tidak hanya bangunan, tanah juga rusak terbelah,” kata pria asal Desa Curahjati, Kecamatan Purwoharjo ini.

Sementara itu, Direktur PT BSI, Boyke Abidin mengatakan pihaknya merasa senang dapat bergabung dalam tim relawan untuk Palu. Dia berharap apa yang dilakukan timnya di lapangan dapat meringankan beban para korban yang sedang mengungsi. “Semoga bantuan kami yang tidak seberapa ini dapat meringankan beban para korban bencana,” ujarnya.

Tim ERT dari  PT BSI  berada di Palu sejak 4 Oktober lalu. Mereka bergabung dengan tim di bawah koordinasi Kementerian ESDM, melakukan penyisiran dan evakuasi korban di beberapa lokasi terdampak gempa. Keterlibatan PT BSI dalam kegiatan relawan bencana nasional bukan kali ini saja. Sebelumnya, tim PT BSI juga mengirimkan relawan ke Aceh dan Lombok. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan