Gelapkan Dana Nasabah, Budi Ditangkap di Klaten

Tersangka penipuan dan penggelapan dana nasabah diamankan ke Polres Banyuwangi, Senin (5/11). (foto/bb/ist)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Pelarian Budi Setyawan (34), warga Dusun/Desa Kumendung, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, berakhir di Jawa Tengah. Tersangka kasus penggelapan dana nasabah ini disergap tim buser Polres Banyuwangi di Klaten. Dia menyerah ketika tempat persembunyiannya terkepung.

Dari kasus ini, total kerugian nasabah mencapai Rp 795 juta lebih. Korbannya empat orang. Masing-masing, Karno, Adi Prasetyo, Andik Gunawan dan Yudi Hamang. Seluruhnya warga Banyuwangi. “ Modusnya, tersangka membujuk para korban dengan rayuan agar mau menyerahkan uang pinjaman dari sebuah kantor pembiayaan. Kebetulan, tersangka sempat menjadi pimpinan dari kantor pembiayaan tersebut,” kata Kasat Reskrim Polres Banyuwangi AKP Panji Pratistha, Senin (5/11). Tersangka, kata Panji, ditangkap setelah sempat buron.

Perwira ini menjelaskan, kasus ini terungkap setelah pihaknya mendapatkan laporan dari keempat korban, 12 April lalu. Para korban melapor menjadi korban penipuan. Nilainya menggiurkan. Begitu mendapat laporan, penyidik langsung memanggil tersangka. Namun, dua kali mangkir. Diterbitkanlah DPO. Ternyata, tersangka kabur ke Klaten. “ Kita lakukan pengejaran, ternyata tersangka bersembunyi di Klaten. Akhirnya, kita bekuk 30 Oktober kemarin,” jelas Panji. Begitu tertangkap, tersangka langsung digiring ke Polres Banyuwangi.

Modus yang digunakan tersangka terbilang lihai. Dia membujuk para korban mendapatkan bantuan kredit, dicairkan melalui rekening. Begitu cair, tersangka memindahkan uang korban ke rekening pribadi. Lalu, dibawa kabur. Dari kasus ini, penyidik mengamankan dua buku ATM dan dua rekening koran. “ Jadi, aliran uang nasabah dimasukkan ke rekening pribadi tersangka,” jelas Panji. Penyidik menjerat tersangka dengan pasal 378 dan  372 Jo 65 KUHP tentang penipuan dan penggelapan.(udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan