Tekan Alih Fungsi Lahan, Perda IPPT Disahkan

Paripurna DPRD Banyuwangi mengesahkan empat Perda, Senin (22/10). (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – DPRD Banyuwangi mengesahkan empat Perda, Senin (22/10). Masing-masing, Perda Kabupaten Layak Anak, Perda Izin Penggunaan Pemanfaatan Tanah (IPPT), Perda Pengembangan Pertanian Unggul Berdaya Saing dan Ramah Lingkungan, Perda Retribusi Jasa Umum.

Dari keempat Perda tersebut, satu diantaranya adalah revisi Perda sebelumnya. Yakni, Perda No.2/2013 tentang IPPT. “ Perda ini menjadi rujukan penggunaan tanah, seiring perkembangan kebutuhan akan lahan,” kata Ketua Pansus Raperda IPPT Sofiandi Susiadi.

Politisi Golkar ini menjelaskan ada sejumlah substansi dalam Perda ini. Salah satunya dasar hukum. Kemudian, terkait IPPT mengatur pemberian izin dari Pemkab kepada lembaga atau perseorangan untuk usaha yang berkaitan pemanfaatan lahan harus berdasarkan tata ruang kota. Perda ini juga melindungi pesatnya alih fungsi lahan.

Sedangkan Perda Kabupaten Layak Anak bertujuan melindungi anak dan bisa tumbuh berkembang. Termasuk, menggali dan melindungi potensi anak. “ Terkait ini menjadi tanggungjawab bersama antarkeluarga, sekolah dan pemerintah. Lalu, menyediakan fasiltas dan aksesbilitas bagi perkembangan anak,” kata Ketua Pansus Raperda Kabupaten Layak Anak, Neni Fiantin Diah Martifa.

Selanjutnya, Perda Pengembangan Pertanian Unggul Berdaya Saing dan Ramah Lingkungan menjadi payung hukum bagi perlindungan petani. Apalagi, Banyuwangi banyak berkembang pertanian agro, berdampak pada pengembangan ekonomi. “ Perda ini juga mengatur perlindungan pasca-panen,” jelas Ketua Pansus Raperda Pengembangan Pertanian Unggul Berdaya Saing dan Ramah Lingkungan, Andik Purwanto.

Sementara itu, Perda Retribusi Jasa Umum merupakan revisi Perda No.12/2011.  Dalam Perda ini, diatur nominal tarif uji kir menjadi Rp 100.000. Sedangkan, tarif uji kir mutasi masuk hanya Rp 50.000. “ Sedangkan denda keterlambatan, dipatok 2 persen dari denda bulanan,” kata Ketua Pansus Raperda Retribusi Jasa Umum Marifatul Karmila. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan