Juragan Bakso, Sensasi Pedas, Enak, Harga Bersahabat

Juragan Bakso menawarkan tempat yang nyaman. (foto/bb/ist)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – KULINER bakso tetap menjadi favorit di Banyuwangi. Apalagi,jika memiliki rasa yang beda. Unik.  Salah satu gerai bakso yang tengah ngehits di Banyuwangi adalah Juragan Bakso, di Jalan Medang Kamulan No 6 B. Kelurahan Tamanbaru, Kecamatan Banyuwangi. Meski berlokasi di kawasan perumahan, namun pengunjung selalu ramai.

Usaha bakso berlabel Juragan Bakso ini dirintis Wijanarko, pria asli Mandar, Banyuwangi. Eko begitu akrab disapa merintis usaha bakso ini  dari nol, bermodal Rp 15 juta.

Sebelumnya, Eko  bekerja di sebuah perusahaan mebel asing di Banyuwangi selama 10 tahun. Dengan jabatan terakhir sebagai wakil kepala produksi. “Kata orang sih enak. Tapi saya ingin keluar dari zona nyaman,” kisahnya kepada Bisnis Banyuwangi belum lama ini.

Setelah memilih keluar, Eko mengawali karier sebagai guru honorer. Di sela sela kesibukan mengajar, dirinya mengelola usaha bakso sejak dua tahun silam.

 “ Ternyata prospek usaha bakso ini lebih menjanjikan. Sehingga saya memilih fokus menerjuni usaha ini,” ungkap pria kelahiran Banyuwangi 1 Januari 1981 ini kepada Bisnis Banyuwangi.

Usaha bakso bukan hal baru bagi suami Istirohah, S.Pd. SD ini. Usaha bakso sudah menjadi bisnis keluarganya sejak 1960 an.

Di awal usaha, Eko memakai resep keluarga. Namun, 6 bulan usaha berjalan, dirinya mencoba berkreasi menggali lebih dalam terkait rasa, taste, dan penyajian. Sehingga lebih mengena ke lidah pelanggan. Proses menemukan taste yang masuk ke lidah pelanggan, Eko perlu waktu selama 4 bulan.

Menu bakso andalannya bakso dengan sensasi rasa pedes. Yakni bakso gimaknya. Bakso berukuran besar, di dalamnya  berisi tetelan daging pedas. Bakso gimaknya ini disukai pecinta bakso. Harganya sangat bersahabat, hanya Rp 10.000 per porsi.

Menu andalan lain, Soblak alias bakso seblak.

Nama seblak diambil dari bahasa Osing yang berarti ditempongi. “Kebetulan namanya sama dengan seblak asli Bandung.Tapi, kami modifikasi sedemikian rupa,” ucapnya.

Soblak alias bakso  seblak khas Juragan Bakso ini dalam satu porsi mangkok terdiri dari aneka isian lengkap. Mulai pentol berukuran besar dengan isian tetelan daging pedas,  kikil sapi, telur otak arik, telur puyuh, ceker ayam dan sayap disajikan dengan kuah pedas. Soal rasa dijamin juara. Harga bakso seblak, Rp 15 .000 per porsi.

Ada juga menu lain. Bakso kecil, Rp 6.000 per porsi, bakso campur, Rp 10. 000 per porsi dan bakso telur, Rp 10.000 per porsi.

Dikatakan Eko, bakso pedas buatannya bisa diterima lidah. Selain rasanya juara, harga sangat bersahabat. Sehingga disukai kalangan muda. Membidik pasar anak-anak muda ini tidaklah mudah. Karena anak-anak muda ini punya selera yang baik. “ Saya bersyukur kini pelanggan juragan bakso hampir 80 persen anak-anak muda. Ini saya dapatkan 9 bulan belakangan,” ucap bapak 3 anak ini.

Sukses membuka gerai pertama di Banyuwangi, banyak permintaan datang padanya untuk membuka cabang dengan sistem kemitraan. Setelah mantap mengembangkan usaha dengan sistem kemitraan, Eko bersama mitra kerja membuka gerai Juragan Bakso cabang  Genteng, 22 Oktober 2018. Bertempat di area kafe SPBU Genteng Wetan.

Eko mengaku sejauh ini prospek usaha bakso sangat menjanjikan . “Alhamdulillah hasilnya di luar harapan saya. Bahkan semua bisa saya raih di tahun pertama,” ucapnya penuh syukur. (tin)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan

Kehilangan

Hilang BPKB Vario P6231YO a/n Herlin Dwi K. Hub, 082118006766