Gedung Baru, Pasar Kebondalem Buka hingga Sore

Suasana Pasar Kebondalem yang menempati gedung baru. (foto/bb/tin)

Bangorejo (BisnisBanyuwangi.co.id) – Pasar pagi yang biasanya berada di area perempatan jalan Pedotan dipindahkan ke bangunan pasar baru, sejak  Kamis (25/10). Area jalan yang biasa dimanfaatkan sebagai pasar subuh kini mulai dikosongkan dari pedagang pasar. Seluruh pedagang dievakuasi, dipindahkan ke bangunan pasar baru di dalam pasar.

Gedung baru yang rampung sejak  Januari 2018 ini berada di area pasar hewan. Setelah mangkrak hampir 9 bulan, pasar rakyat bernilai miliaran rupiah ini mulai beroperasi. Sebelum dibuka,  rencana kepindahan pedagang pasar pagi ini ke bangunan baru sempat diwarnai penolakan pedagang. “Dulu sempat ada penolakan dari pedagang terutama pedagang mlijo,” ucap salah satu pedagang, belum lama ini.

Meski begitu beroperasinya pasar rakyat ini mendapat sambutan bagus dari pedagang pasar dan masyarakat setempat. Apalagi kawasan setempat menjadi ramai, ikut mendongkrak ekonomi warga setempat. Kini, area pasar lebih tertata, bersih dan lengkap.

Pertama beroperasi pengunjung pasar tampak ramai. Sebagian besar para pengunjung  penasaran ingin melihat geliat pasar baru.

Jaini, salah satu petugas pasar menuturkan,  digedung pasar baru ini terdapat 198 lapak dan kios. Lapak dan kios diutamakan bagi pedagang lama. Meski sebagian juga melayani pedagang pendatang baru. Terutama, warga sekitar pasar. Menurut Jaini pasar rakyat ini masih dalam tahapan uji coba, belum benar-benar resmi dibuka. Meski begitu antusias pengunjung cukup tinggi. Jam beroperasi pasar tidak dibatasi. Pedagang bisa buka sampai sore. (tin)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan