HUT ke-73, Guru SMK Diminta Lebih Kreatif

Para guru bersama Bupati Banyuwangi disela HUT Guru ke-73, Selasa (13/11). (foto/bb/ist)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Tugas guru makin berat. Khususnya, guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Mereka diharapkan tidak hanya mengajar dan mendidik, namun, mampu lebih kreatif. Sehingga, menghasilkan siswa yang inovatif. Apalagi, menyambut revolusi industri 4.0, menuntut digitalasasi. Harapan itu diungkapkan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas diseal HUT Guru ke-73, Selasa (13/11).

Menurut Anas, tantangan pendidikan ke depan sangat berat, menuntut peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).  “Saat ini tantangannya sudah berubah, nilai akademis bagus tapi tidak kreatif, maka susah bisa berhasil. Kreativitas perlu ditumbuhkembangkan,” kata Anas.

Era sekarang ini, kata Anas, pendidikan karakter dan akademis saja tidak cukup. Tapi, perlu penguasaan skills abad 21. “Misalnya soal kolaborasi. Sekarang untuk bisa berkembang dengan cepat, kita harus berkolaborasi dengan banyak pihak. Selain kolaborasi dan kreatif, SDM ke depan juga harus komunikatif dan kritis,” jelasnya.

Anas menambahkan, tren  pengangguran lulusan SMK terus bertambah. Sehingga, model pengajaran dan pendekatannya harus berubah. Guru yang mengajar SMK tidak sama mengajar SMA. Sehingga, guru SMK harus lebih kreatif dan inovatif. “Guru SMK bisa memanfaatkan lingkungan yang ada di sekitarnya untuk mengajari siswanya kreatif. Misalnya, pada saat praktik kerja lapangan, siswanya bisa diarahkan dalam kegiatan industri yang ada di sekitar sekolah sesuai bidangnya. Guru yang kreatif akan melahirkan siswa yang kreatif,” ujarnya.

Bupati juga mengapresiasi kerja keras para pendidik ini dengan meningkatkan insentif guru non PNS dari Rp 300.000 menjadi Rp 1 juta per bulan. Total anggarannya, Rp 50,5 miliar. Harapannya, kenaikan insentif bisa memotivasi para guru, bekerja lebih baik. Meski, honornya tidak sebanding dengan jumlah tenaga yang dikeluarkan. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan