Jelang Akhir Tahun, Banyuwangi Siaga Narkoba

Bandar dan kurir narkoba diamankan ke Polres Banyuwangi bersama barang bukti. (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Berdekatan dengan Bali, peredaran narkoba di Banyuwangi, ikut mengkhawatirkan. Menjelang akhir tahun, Polres Banyuwangi merapatkan barisan memerangi peredaran barang haram tersebut. Diperkirakan, menjelang pergantian tahun, transaksi peredaran narkoba akan lebih marak.

Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik HZ mengatakan Banyuwangi cukup rawan menjadi pasar peredaran narkoba. Salah satu faktornya, dekat dengan Bali dan memiliki banyak pelabuhan rakyat. “ Banyuwangi ini cukup strategis dijadikan peredaran narkoba. Selain dekat Bali, banyak pelabuhan tikus yang rawan digunakan transaksi,” kata Kapolres,  Jumat (30/11).

Mantan Kapolres Bondowoso, Jatim ini menambahkan beberapa kasus peredaran narkoba di Banyuwangi ternyata berasal dari Bali. Karena itu, menjelang akhir tahun, pihaknya menyatakan siaga satu memerangi narkoba. “ Kita siaga satu, jangan sampai transaksi narkoba makin marak jelang akhir tahun. Ini menjadi atensi khusus,” tegasnya.

Pernyataan siaga satu ini bukan tanpa alasan. Sehari sebelumnya, Polres Banyuwangi berhasil mengamankan 1 ons sabu dan puluhan pil ekstasi dari dua bandar dan satu kurir. Tangkapan terbanyak ini, kata Kapolres, mengindikasikan Banyuwangi cukup rawan menjadi pasar narkoba.

Karena itu, pihaknya memerintahkan Satuan Narkoba (Satnarkoba) Polres bekerja ekstra keras. Mengawasi kemungkinan masuknya peredaran narkoba dari luar daerah. “ Kita minta Satnarkoba benar-benar kerja keras. Jaringan peredaran narkoba harus diberangus terus,” tegasnya lagi.

Tak hanya narkoba, jelang akhir tahun, pihaknya gencar mengantisipasi peredaran miras dan obat daftar G. Biasanya, lanjut Kapolres, peredaran miras ikut marak ketika jelang pergantian tahun. Razia miras, imbuhnya, akan digencarkan hingga ke jajaran Polsek. “ Targetnya, malam pergantian tahun bisa kondusif, tak ada gangguan kambtibmas,” pungkasnya. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan