Tahun Politik, DPRD Godok 20 Raperda

Penandatanganan Raperda APBD Banyuwangi tahun 2019. (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – TAHUN politik tak membuat kinerja DPRD Banyuwangi turun. Tahun 2019, sebanyak 20 rancangan Perda (raperda) ditargetkan rampung. Puluhan raperda itu, enam diantaranya inisiatif dari DPRD. Salah satunya, Raperda tentang Sistem Perencanaaan Pembangunan Daerah.

Ada juga, Raperda Sempadan Sungai dan Raperda Irigasi dan HIPPA. Sedangkan dari pemkab, salah satunya Raperda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah. “Ada 20 Raperda yang kita tetapkan untuk digodok di tahun 2019,” kata juru bicara Badan Pembentukan Perda (Bapemperda) DPRD Banyuwangi, Sofiandi Susiadi, Rabu (21/11) lalu.

Politisi Golkar ini menjelaskan Raperda yang diteken DPRD menjadi program utama di tahun kerja 2019. Seluruhnya sudah melalui tahapan pembahasan internal di DPRD. “ Khusus yang inisiatif DPRD, merupakan usulan sesuai kebutuhan di masyarakat,” jelasnya. Dia mencontohkan, Raperda tentang Sempadan Sungai. Raperda ini kata dia akan mengatur penggunaan lahan sempadan sungai. Sehingga, tidak dipakai secara sembarangan.

Lalu, Raperda Irigasi dan Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA). Raperda ini, kata dia, untuk melindungi kepentingan petani. Sehingga, tidak ada lagi keluhan perebutan air. Pihaknya berharap, 20 Raperda ini bisa rampung di tahun 2019.  Meski, memasuki tahun politik.

Selain 20 Raperda, DPRD mengesahkan dua Raperda di akhir tahun 2018. Masing-masing, revisi Perda No.6/2014 tentang Penyertaan Modal ke Pihak Ketiga dan Perda RAPBD tahun 2019.

Khusus RAPBD 2019, total anggaran dipatok Rp 3,370 trilun. Dari jumlah ini, pendapatan asli daerah (PAD) dipatok senilai Rp 571 miliar. “ Pembahasan RAPBD sudah melalui pembahasan panjang antara Badan Anggaran dan Tim Pembahasan Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD),” kata Wakil Ketua DPRD Banyuwangi Yusieni. Selanjutnya, Perda RAPBD tersebut akan menunggu fasilitasi di Pemprov Jatim. Harapannya, bisa segera turun, anggaran bisa lebih cepat diserap ke masyarakat. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan