Ribuan Baliho Caleg Melanggar Perda

Bawaslu bersama Satpol PP menertibkan alat peraga kampanye di Kabupaten Banyuwangi. (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Baliho calon anggota legeslatif (caleg) yang bertebaran di Banyuwangi Ternyata banyak melanggar perda. Hasil evaluasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banyuwangi, lebih dari separuh baliho caleg yang terpasang tidak sesuai aturan yang berlaku. Imbasnya, diturunkan paksa.

Ketua Bawaslu Banyuwangi Hamim mengatakan total alat peraga kampanye (APK) yang terdata mencapai 5.015 biji. Dari jumlah ini, sebanyak 2.254 APK jenis baliho yang melanggar.  Lalu, umbul-umbul sebanyak 198 biji. Sisanya, billboard dan poster. Pelanggaran Perda dari APK ini cukup beragam. Terbanyak, kata Hamim, baliho terpasang di dekat fasilitas publik. Seperti, tempat ibadah, sekolah dan menganggu pemandangan pengguna jalan. Ada juga yang terpasang di pohon. “ Pelanggaran Perda ini cukup tinggi, total 2.448 APK. Kita terus melakukan penertiban,” kata Hamim, Kamis (20/12).

Dari sekian baliho yang melanggar, kata Hamim, sebanyak 2.741 yang sudah ditertibkan. Penertiban melibatkan jajaran Satpol PP. Sisanya, 292 APK belum ditertibkan. “ Yang tersisa ini masih terkendala tenaga. Sebab, kebanyakan terpasang di ketinggian, seperti billboard. Ini yang sedang kita koordinasikan bersama Satpol PP dan KPUD,” jelasnya.

Terkait penertiban ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan jajaran parpol. Mereka diimbau menurunkan sendiri baliho tersebut. Penertiban APK, lanjut Hamim, akan terus dilakukan hingga H-7 pencoblosan April 2019. Selain baliho yang terpasang, penertiban juga menyasar alat peraga yang terpasang di mobil angkutan umum.

Selain APK, Bawaslu menyoroti masih banyaknya calon pemilih yang kemungkinan tak bisa menyalurkan hak pilih. Sebab, mereka belum memiliki KTP elektronik. Kebanyakan, para calon pemilih pemula. Total, sekitar 2000 orang. “ Sesuai aturan, hanya pemegang KTP elektronik yang boleh mencoblos. Sedangkan pemilih pemula yang sudah 18 tahun kebanyakan masih memiliki surat keterangan (SUKET),” pungkasnya. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan

HUB. : 085236362484