Berkat Babinkamtibmas,Kepercayaan ke Polisi Naik 82 Persen

Penghargaan Babinkamtimas peduli masyarakat di Polres Banyuwangi. (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) menjadi ujung tombak jajaran Kepolisian RI. Berkat kinerja para Babinkamtibmas, kepercayaan masyarakat ke institusi Kepolisian naik hingga 82,3 persen. Angka yang cukup membanggakan. Data ini hasil survei Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) selama tiga tahun terakhir.

Salah satu yang membuat kepercayaan masyarakat ke Kepolisian meningkat adalah hadirnya Babinkamtibmas di tengah masyarakat. Bahkan, banyak personel Babinkamtibmas yang menggelar kegiatan sosial dan menyentuh ke lapisan warga. “ Terakhir, kami survei tahun 2018. Kepercayaan masyarakat ke Kepolisian tembus 82,3 persen. Salah satu indikatornya, kinerja Babinkambtimas yang baik,” kata Direktur Lemkapi, Dr. Edi Saputra Hasibuan, Jumat (11/1).

Dijelaskan, sejak dipimpin Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian, tingkat kepercayaan masyarakat ke institusi Polri terus meningkat. Pihaknya, melakukan penelitian dan survei tahun 2016. Hasilnya, tingkat kepercayaan masyarakat ke Polisi tembus 68 persen. Lalu, setahun berikutnya, naik menjadi 78,6 persen. “Data ini membuktikan jika Polri makin dipercaya dan disayangi masyarakat,” jelasnya.

Edi menambahkan salah satu peran utama kepercayaan masyarakat adalah kinerja Babinkamtibmas. Menurutnya, saat ini banyak Babinkamtibmas yang tidak hanya sekadar menjalankan tugas. Namun, banyak yang benar-benar melayani masyarakat, bahkan selalu ada di tengah masyarakat. “ Ini yang membuat masyarakat merasa aman dna terlindungi. Polisi selalu ada di tengah masyarakat,” jelasnya.

Pihaknya mencontohkan Babinkamtibmas Desa Tegaldimo yang mampu menggerakkan warga menggelar program bedah rumah dan penerangan jalan umum (PJU). Pelayanan personel Polisi ini mampu memberikan kenyamanan bagi masyarakat di pelosok.

Menurutnya, makin banyak Babinkamtibmas berprestasi, tingkat kepercayaan masyarakat ke Kepolisian akan makin baik. Hasil catatan Lemkapi, kata Edi, banyak personel Babinkamtimas yang dicintai masyarakat, tersebar di banyak daerah di Indonesia. Sehingga, kehadiran polisi benar-benar bisa dirasakan masyarakat. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan

HUB. : 085236362484