Pasar Dilengkapi Kantor Pelayanan Publik

0
Bupati Anas meninjau Pasar Genteng Wetan, Kecamatan Genteng, Senin (14/1). (foto/bb/ist)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Sukses membuka Mal Pelayanan Publik, belum menjawab kebutuhan layanan bagi masyarakat Banyuwangi. Apalagi, luas wilayah kabupaten ini cukup luas. Terbaru, Pemkab Banyuwangi akan membuka Pasar Pelayanan Publik di kompleks Pasar Genteng Wetan, Kecamatan Genteng. Kebetulan, pasar ini menjadi pusat perekonomian di Banyuwangi selatan.

Nantinya, Pasar Pelayanan Publik ini akan memberikan layanan administrasi bagi masyarakat. Mirip Mal Pelayanan Publik. “Banyuwangi adalah kabupaten terluas di Pulau Jawa. Jarak daerah di selatan ke pusat kota bisa dua jam. Setelah Mal Pelayanan Publik berdiri di pusat kota, kini kami bikin layanan terintegrasi serupa di kawasan selatan Banyuwangi,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Selasa (15/1).

Menurut Anas, kebijakan ini menjadi bagian pemerataan kualitas pelayanan publik. Sehingga warga yang jauh dari pusat kota merasakan layanan standar yang sama dengan warga di kota. Pasar Pelayanan Publik, lanjut Anas, langsung menyatu dengan pasar tradisional.

Tujuannya, memudahkan warga mengurus dokumen atau perizinan. “Pasar tradisional adalah tempat berkumpulnya orang. Jadi, warga yang berbelanja ke pasar, bisa langsung mengurus surat-surat yang dibutuhkan. Mereka tidak harus lagi datang ke kantor kecamatan. Sekali jalan langsung dapat dua urusan,” jelas Anas. Suasana Pasar Pelayanan Publik  juga dibuat nyaman, ruangan sejuk, penataan rapi, terkomputerisasi.

Tahap awal, Pasar Pelayanan Publik akan melayani administrasi yang menjadi kewenangan Pemkab. Seperti,  administrasi kependudukan dan perizinan usaha. “Jadi ini semacam Mal Pelayanan Publik, tapi dalam unit kecil,” jelas Anas. Selanjutnya, bertahap, layanan dari instansi non-pemerintah kabupaten juga akan dibawa ke Pasar Pelayanan Publik.

Dipilihnya Pasar Genteng Wetan bukan tanpa alasan. Pasar tersebut merupakan salah satu pasar terbesar di wilayah selatan Banyuwangi. Luasnya 10.510 meter persegi. Sehingga, selalu ramai dikunjungi warga. Pasar Pelayanan Publik ditargetkan beroperasi tahun ini. “Sekarang kita siapkan semuanya. Mudah-mudahan semester satu ini sudah bisa jalan,” pungkasnya. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan

HUB. : 085236362484