Agen Wisata Malaysia Mulai Berburu ke Banyuwangi

Agen wisata Malaysia bertemu dengan agen wisata Banyuwangi. (foto/bb/ist)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Penerbangan Banyuwangi-Kualalumpur mulai diikuti datangnya wisatawan. Ini terlihat dari banyaknya agen perjalanan wisata dari Malaysia yang mulai berburu ke Banyuwangi. Mereka melihat potensi wisata yang bisa ditawarkan ke Malaysia. Salah satu yang dibidik adalah potensi wisata Alas Purwo dan Kawah Ijen.

Para agen perjalanan wisata Malaysia sengaja datang ke Banyuwangi untuk melihat langsung obyek wisata di bumi Blambangan. Selama di Banyuwangi, sebanyak 20 agen wisata Malaysia dipertukan dengan 16 agen wisata Banyuwangi. “Ajang ini cara mengenalkan Banyuwangi kepada pelaku usaha wisata Malaysia. Kita pertemukan mereka dengan pelaku usaha Banyuwangi. Mereka juga kita ajak merasakan langsung berwisata ke Banyuwangi,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Rabu (16/1).

Harapannya, para agen perjalanan wisata Malaysia bisa datang lagi, mengajak wisatawan dari negeri jiran tersebut. Pertemuan agen wisata Malaysia dan Banyuwangi ini, lanjut Anas, tindak lanjut dari promosi paket wisata murah yang didukung Kementerian Pariwisata RI (Kemenpar). Paket ini diluncurkan untuk mendongkrak kunjungan wisman ke Banyuwangi, khususnya saat low season,  seperti bulan Januari ini.

”Awal-awal tahun biasanya memang low season, makanya diluncurkan paket ini yang didukung para pelaku usaha wisata di Banyuwangi. Table Mart  adalah salah satu strategi untuk mempromosikan paket ini,” kata Anas.

Dalam paket murah ke Banyuwangi, wisatawan cukup membayar 995 MYR (Ringgit Malaysia) atau berkisar Rp 3,8 juta untuk berwisata ke Banyuwangi. Ini termasuk tiket pp Kuala Lumpur-Banyuwangi, menginap dua malam di hotel berbintang di Banyuwangi, transportasi lokal, menikmati sejumlah destinasi wisata, hingga berkuliner.

Salah satu agen wisata Malaysia Ramsey Lewis mengaku tertarik dengan paket promo ke Banyuwangi ini. Menurutnya, destinasi wisata Banyuwangi sangat laku dijual. “Ijen sangat bagus dengan blue –fire yang cantik. Disana juga ada penambang belerang yang menjadi atraksi Ijen. Ijen akan menjadi daya tarik tersendiri bagi turis,” ujarnya.

Menurut Ramsey, Banyuwangi kaya akan kearifan lokal. “Di Banyuwangi bisa melihat orang bercocok tanam, menangkap ikan, juga cara menyimpan kopi tradisional. Apalagi di Banyuwangi masih banyak industri kerajinan tangan yang tentunya ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan,” kata Ramsey.

Para agen travel tersebut juga diajak mengeksplore destinasi wisata selama enam hari mulai 13 – 18 Januari. Mulai  mengunjungi perkebunan kopi Gombengsari, Kalipuro untuk melihat pengolahan kopi tradisional, Kawah Ijen, perkebunan Kalibaru, Pantai Pulau Merah, Taman Nasional Alas Purwo dan Bangsring Under Water. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan

HUB. : 085236362484